Kotabaru Gunungnya Bamega

Pernah denger lagu “Kotabaru gunungnya bamega” ?? Itu adalah lagu daerah yg berasal dr Kotabaru. Kotabaru adalah sebuah kabupaten yang berada di propinsi Kalimantan Selatan. Sebelah Utara berbatasan dengan Kabupaten Pasir Kaltim, sebelah Selatan berbatasan dengan Kabupaten Tanah Bumbu dan Laut Jawa, sebelah Barat berbatasan dengan Kabupaten Balangan, Hulu Sungai Tengah, Banjar dan Tanah Laut, sebelah Timur berbatasan dengan Selat Makasar. Perjalanan menuju ke Kotabaru harus ditempuh perjalanan sekitar 9 jam dr arah Banjarmasin. Nyebrang laut naik kapal feri sekitar 45 menit. Seminggu yang lalu saya berkesempatan dinas ke Kotabaru. Untung cuaca tidak hujan sehingga walaupun jalannya tdk bersahabat namun masih lancar. Kalau waktunya musim hujan, jalan bisa banjir sehingga tentu saja memperlambat perjalanan.

Lumayan capek namun kalau sambil menikmati perjalanan jadi terhibur. Kebetulan rencana naik pesawat namun karena tiketnya mahal akhirnya naik bis itung2 sambil menikmati pemandangan alam. Di Kotabaru terdapat landasan pesawat terbang yg bernama Stagen. Kemarin nanya tiket pesawat seharga Rp. 360 rb. Itu adalah tariff flat, jd kalau lebaran harganya tetap segitu. Akhirnya kami memutuskan naik bis dari terminal Pal 6 Banjarmasin. Ongkos tiket seharga Rp. 65 rb itu sudah termasuk ongkos menyebarang. Berangkat pukul 7.30 WITA. Jalurnya adalah lewat Pelaihari, Kintap, Satui, Pagatan, Batulicin baru nyebrang. Ketika melewati Pagatan kami sudah senang karena sudah melewati pesisir laut. Kami kira sebentar lagi bis akan menyebrang. Eh ternyata bis malah menjauhi pantai dan menuju jalan kecil yang berkelok kelok. Akhirnya sampai di batulicin. Nah disinilah bis menyebarangi laut. Daripada kepanasan di bis, kami memilih utk turun dr bis dan menikmati semilir angin laut di pinggir kapal. Wah bener2 pengalaman yg mengasyikkan. Terakhir saya naik kapal adalah waktu ke Madura beberapa tahun yg lalu. Kira2 memerlukan waktu 45 menit utk menyeberang. Akhirnya kami sampai di Kotabaru. Ternyata Kotabaru itu adalah daerah pegunungan. Jalannya berkelok-kelok dan menanjak. Kami kira kotanya dekat sm tempat menyeberang. Ternyata perlu waktu 1 jam utk sampai di kota. Kami turun di terminal dan langsung naik angkot menuju daerah Semayap. Bingung jg berapa ongkos angkot. Biasanya sih kalau di Banjarmasin cuma 2 rb perak. Tp ternyata disini 5 ribu perak. Jd dua orang totalnya 10 rb perak. Wah mahal banget. Tp emang disini biaya hidup mahal. Kami sampai di Kotabaru pukul 16.30 WITA.

Kalau melihat tekstur alamnya, agak aneh. Disebelah kiri jalan dataran tinggi (seperti bukit) namun disebelah kanan jalan berupa rawa-rawa. Sehingga kebanyakan rumah penduduk di sebelah kanan jalan berupa rumah papan sementara yg di bukit berupa bangunan beton. Biasanya di bukit-bukit itu terdapat tanah pekuburan. Walopun berupa daerah pegunungan namun dekat dengan pantai. Di sana ada beberapa tempat wisata. Antara lain adalah Siring Laut. Siring laut ini berupa tempat makan di udara terbuka yg dekat dengan laut. Sambil menikmati hidangan kita bisa melihat laut lepas. Kebetulan disitu kebanyakan adalah warung tenda. Ada lagi tempat wisata yg namanya Sarang Tiung, itu berupa pantai. Sayangnya kami belum berkesempatan utk main kesana. Dan kami jg tdk membawa kamera sehingga tdk ada foto yg saya ambil. Kami juga menyempatkan mengunjungi pasar untuk membeli oleh-oleh. Karena dekat laut maka banyak sekali hasil laut disana. Kami membeli amplang, cumi-cumi kering dan ikan asin. Tempat menjual ikan itu berdekatan dengan laut sehingga ketika kami membeli cumi-cumi kami bisa melihat laut dan aktifitas para nelayan.

Oh ya disini mudah sekali menjumpai warung atau depot makan. Hampir disetiap pinggir jalan kebanyakan menjual makanan. Jadi untuk membeli makan sangat mudah. Menunya pun macam2. Kebanyakan adalah masakan laut, namun ada juga yg menjual makanan khas daerah tertentu. Bahkan daerah saya juga ada disana. Namun biaya hidup di sini mahal sehingga teman2 saya lebih memilih masak sendiri daripada membeli makan di warung atau depot makan. Dan sewaktu saya menginap di rumah teman saya, tiap hari mereka memasak ikan. Sampai2 saya merindukan sayuran disana hehe. Oh ya disana juga ada pizza nya lho dan rasanya tidak kalah jauh sama pizza hut. Kebetulan teman saya dr jkt penyuka pizza jd sewaktu dia penempatan di Kotabaru dia adem ayem aja soalnya ada pizza disana hehe, temen saya jg yg mempromosikan pizza sampai2 dibela2in membelikan dan mengantar ke rumah temen saya. Btw makasih ya cho atas pizzanya.

Tiga hari di Kotabaru, saya rasa ini adalah pengalaman yang mengasyikkan. Walaupun belum sempat main ke pantai sarang tiung. Semoga ada kesempatan lagi main kesana. Untuk pulangnya saya memilih malam hari, dengan tujuan spy bisa tidur di jalan dan sampai di banjarbaru pagi harinya. Berangkat dr Kotabaru jam 19.00 WITA dan sampai di Banjarbaru jam 06.30 WITA. Perjalanan terasa lebih lama karena kami harus menunggu kapal feri yang menyeberang ke Batulicin, lumayan lama sih nunggunya. Wah badan rasanya pegel, walopun perjalanan malam, tp saya tetep tidak bisa tidur. Sampai di rumah…fyuhh masih banyak yg harus saya kerjakan…namun Alhamdulillah saya sampai di rumah dengan selamat.

About these ads

69 Balasan ke Kotabaru Gunungnya Bamega

  1. suandana mengatakan:

    Sebenarnya pengen ke sana, sih… Tapi agak was-was. Adek saya waktu ke sana dulu sempat diteror, padahal kontingen olah raga tuh :-( . Sudah aman kan?

  2. xwoman mengatakan:

    Sayang sekali ya ga bawa kamera pengen liat panoramanya padahal…
    Lin amplang itu apa sih :D
    Tapi disana daerahnya masih benar-benar alami ya, belum terjamah. Ajak-ajak donk kalo jalan2 hehehe…

  3. Kangguru mengatakan:

    asyik banget dinasnya

  4. ndoro kakung mengatakan:

    waaah, asyiknya jalan-jalan. kapan2 ke sana ah … :)

  5. deKing mengatakan:

    Akhirnya Mbak Lintang muncul lagi hehehe…
    Wah baca tulisan2 semacam ini saya jadi semakin merasa asing di negeri sendiri, lha saya taunya hanya sekitar rumah saja :D

  6. peyek mengatakan:

    wah jadi ingat pamukan baru, pamukan utara

  7. macanang mengatakan:

    perjalanan yang asik, kalo ada foto2nya labih mantap lagi.. :grin:

  8. Neo Forty-Nine mengatakan:

    :D ga mampir ke banjarbaru??

  9. Nurina Purnama Sari mengatakan:

    kotabaru itu yang pernah masuk syuting filmnya anaconda versi blood orchid, saya mah pernah ampe ke banjarmasin en mampir ke martapura serta berabai, gak nyampe sana…

  10. purna mengatakan:

    kayaknya asyik juga….
    seperti orang berpetualang di tipi2 :D

    @atasku
    katanya sudah ganti nama? :D

  11. kurtz mengatakan:

    “Perjalanan terasa lebih lama karena kami harus menunggu kapal feri yang menyeberang ke Batulicin, lumayan lama sih nunggunya.”

    ———–
    aku membayangkan bagaimana sikap badang saat menunggu. mungkin duduk gota-ganti, mulut cemberut, mata larak lirik … sayng sih gak diceritain.. heheh :)

  12. langit mengatakan:

    sepertinya menyenangkan..:)

  13. riza mengatakan:

    bamega itu siapa mbak? kalo bu mega saya tahu :D

  14. Lintang mengatakan:

    @Suandana
    Skr sdh aman kok…tenang aja. Cm jalannya gak bersahabat :D

    @XWoman
    Ampalng itu sejenins kerupuk yg bahannya dari ikan, biasanya sih ikah tenggiri. Kl lazimnya di jawa itu disebut kuku macan. Ayo main ke kalimantan…ntar kuajak keliling2 deh ;)

    @Kangguru
    Yah memang kalo dinas selalu ke daerah2 sehingga sekalian dibuat refreshing hehe…

    @Ndoro Kakung & Deking
    Asyik loh kalimantan… :promosi mode on:

    @peyek
    Mana tuh pamukan? Gresik kah? Eh iya…liburan kmrn aku k gresik lg mas..lupa ngasi tau mas peyek :(

    @macanang
    Yah lain kali emang hrs bawa kamera yah

    @Neo Forty-Nine
    Yah aku ini tinggalnya di banjarbaru mas.. Pulangnya ya ke banjarbaru donk.

    @Nirina
    Iya emang pernah masuk ke fim anaconda..tp sebenarnya itu syutingnya ngambil lokasi di kaltim…bukan di kalsel. Btw ternyata udah prnh k kalsel yah, aku udah 2 kali ke barabai :)

    @Purna
    Asyik donk…apalagi kl ada yg meliput yah..siapa tau aku bs jd artis :D

    @kurtz
    Yeee masa hrs diceritain sedetil itu yah

    @langit
    Emang menyenangkan, walopun cape…

    @riza
    Lho jd riza tau bu mega?? kenal dimana?? bu mega itu teman akrabku loh :lol:

  15. lamputeplok mengatakan:

    udah ke kotabaru juga ya? pamanku dapet orang sana, sekarang kerjanya di indocement, batulicin. pernah ketemu g? :p

  16. lamputeplok mengatakan:

    udah ke kotabaru juga ya? istri pamanku orang sana, sekarang kerjanya di indocement, batulicin. aq pernah ke rumahnya 2 bulan. pernah ketemu g? :p

  17. Lintang mengatakan:

    @lamputeplok
    yup…alhamdulillah aku ada kesempatan utk mengunjungi kotabaru. btw aku jg sempat mampir ke ranting batulicin loh. kalo ketemu sm pamannya sih ya jelas nggaklah, ups tp bs jd aku ketemu d jln cm aku yg ga tau :lol:
    tp yg pasti aku ketemu sm kepala ranting yg asli orang tulungagung juga. gak nyangka jauh2 k batulicin ketemu sm orang sekampung sm aku :)
    btw gmn kesannya ttg batulicin?? kerasan disana?? :mrgreen:

  18. alifaiq mengatakan:

    Kotabaru… jogja banget ituh…

  19. Lintang mengatakan:

    @alifaiq
    kotabaru=jogja?? kok bisa? ngasi komen ini g lagi ngelindur kan?? :mrgreen:

  20. boemi_0509 mengatakan:

    Alllow aq orang Kotabaru Asli lho….
    sekarang aku kuliah di Jogja….

  21. padiapo mengatakan:

    mbak lintang,

    aku seneng banget baca tulisan mbak tentang jalan2 ke ktb-nya. bukan kebetulan, emang aku lagi nyari info utk k ktb. serius, pengen banget ke sana, tapi blank sama sekali.
    aku udah browse sana-sini beberapa bulan ini. ada beberapa blog yang udah aku buka, tapi belum terlalu detail.
    cerita mbak yang lumayan detail, ngasih gambaran lebih buat aku. makasih ya, mbak.
    tapi kalo boleh, aku bisa kontak langsung dengan mbak lintang? i mean, can i call you or have your e-mail address? untuk tanya2 lebih lanjut dan sharing pengalamannya (kalau boleh..), soalnya jauh bener ktb itu ya, mbak.. :D

    tapi aku bener2 niat ke ktb.. pengen ngasih surprise ke someone i love..

    please help me ya, mbak.

    makasih banyak sebelumnya, mbak lintang

  22. alifaiq mengatakan:

    Nah kan.. di Jogjakarta juga ada nama daerah yang bernama Kotabaru…

  23. Iy4N mengatakan:

    mbak lintang…..
    gua asli orang kotabaru lo ba,
    gua seneng banget akhirnya ada juga yang memperkenalkan kotabaru nan indah itu.
    walaupun melelahkan tapi menyenangkan kan,,,,
    tapi sayang ya mbak belum menjelajahi daerah-daerah dikotabaru, padahal masih banyak tempat wisatanya.
    kaya pantai jodoh, pulau cinta, pestarakyatnya, pokoknya heboh deh,,,,,,

  24. permana mengatakan:

    Mba Lintang,

    Senang sekali mendengar cerita anda tentang kotabaru, pulau laut.
    saya sendiri sempat 8 tahun tinggal di pulau laut. bahkan bisa dikatakan seluruh pendidikan dasar dan ijazah dasar saya (sejak sd hingga lulus sma) saya peroleh di pulau yang relatif terisolasi dari dunia luar ini.

    dulu saya tinggal di kampung bernama stagen. sekitar 10 km dari pusat kota pulau laut yg bernama kotabaru. sma negeri satu2nya di kotabaru, bernama sman kotabaru, saya tempuh dengan sepeda sejauh kuranglebih 30 menit setiap harinya nya.

    pada masa itu, tidak pernah sedikit pun terlintas di pikiran saya kalo beberapa masa kemudian saya bisa mencicipi pendidikan tinggi di univ tokyo.
    tidak ada maksud apapun dari saya. saya cuman bekas anak pulau laut yang ingin berbagi nostalgia dengan sesama penduduk / mantan penduduk / atau orang yang menaruh minat pada pulau laut. dan juga mencoba berbagi semangat dengan adik2 sma di kotabaru agar tidak minder dengan taraf pendidikan di pulau laut dan tetap semangat mengejar impian2nya – sejajar dengan kawan2 lain yang ada di kota kota besar.

    terus terang, saya ingin sekali berkunjung balik ke kampung halaman. berbagi pengalaman hidup dengan adik2 dan anak2 muda baik di kotabaru maupun di kampung stagen.

    salam hangat dari saya, sianak pulau

  25. taufik79 mengatakan:

    salam kenal aja

  26. Anca Syah mengatakan:

    wah barusan kemarin berkunjung ke kota baru, dari pelabuhan di batu licin , n maen ke pantai sarang tiungnya. foto2 nanti bisa di lihat di web saya.

    Overall suka banget ama pantainya ..jernihh

  27. Andri Gazali mengatakan:

    Kaya apa kesahnya nah dikotabaru. Rumah ku dulu di subarang sekolah Muhamadiyah

  28. bob mengatakan:

    mudah2an entar bisa ke sarang tiung ya
    aku juga orang kotabaru nih.. lam kenal ya…

  29. anas mengatakan:

    aq dulu pernah jg ke kotabaru.tp muter2 kota aja.gak ke pantai2 nya.berarti ada bis malam ya dr kotabaru?brp jam sih perjalanannya?kira2 bisa gak ya libur sabtu minggu kesono?bls donk di blog aq.aq tunggu ya….

  30. iboy mengatakan:

    AKU orang kotabaru temapatnya asik sejuk masih bersih tapi klo ujan lebat banjir trus and banyak sungai2nya ama pemandangan utanya masih subur apalagi dipantainya

  31. eddy darmadi mengatakan:

    wah klu itu ulun tahu banar
    karna ulun urang asli kotabaru
    lawan jua kada bisa maninggalakan jauh wan lawas lawan kutabaru
    kulalang-kulilik di kutabru tupang hudah
    jadi pangukur satia jalanan aspal wan kada ba asoal kutabaru
    lawan jua ada sabuting nang ulun handak takunakan lawan pamimpin kutabaru
    khususnya bapa syahrani
    kaya apa habar moll kita?????
    pabila tuntung jar??????
    lawas banar nah sudah manunggui balum tuntung2 jua
    nah sudah dulu lah
    kaina pulang kalu ada nang ulun pikirakan
    bisaai mangirim komentar lagi
    wassalam

  32. andrew mengatakan:

    Kotabaru kita bangun bukan hanya berdasarkan teori semata, tapi segeralah praktekkan bagaimana menerapkan ilmu-ilmu sukses buat generasi saijaan. open link: http://www.formulakotabaru.co.cc

  33. gloster mengatakan:

    ada yang tau Jl. Sukmaraga Ga?

  34. dewi nurma mengatakan:

    kotabaru emang indah…bgt. itu kota kedua buatku setelah sby, krn keluarga misuaku asli orang sana dan keluarga besarnya tinggal disana. aku kesana 3 taon yg lalu. wah perjalanan kesana serasa petualangan…kota kecil tepi pantai yg dekat juga dgn pegunungan ternyata membuat suasananya tak terlukis keindahannya, masih asri dan belum tercemar. kapan aku bisa kesana lagi ya….

  35. Damha mengatakan:

    ada yang tahu, gimana kondisi jalan banjarmasin-kotabaru sekarang? sudah bagus atau masih rusak ya?….saya mau pulang lebaran nih..lama gak pulang…tks

  36. wong ganteng mengatakan:

    Dulu aku pernah di sana setahun setengah…
    Rasanya ga betah banget…
    Mungkin klu seminggu sie enak2 aja..
    itung2 piknik
    Alhamdulillah skrg dah pindah k jakarta
    Demi tugas negara aku pergi ke kotabaru
    Air susah banget

  37. winda mengatakan:

    walopun disono pns bngt..
    tp ak bangga jd orang KTB,kota yg aman.. gak ada demo ato kerusuhan…
    KTB kota yang makmur.. selama nie blm prnh denger ada yg mati kelaparan,,,
    panorama alam na jg bnyk yg msh alami…
    jd pengen balik k’sana.. hiks…
    So,buat kalian yg belon prnh k’sini RUGI……..

  38. azi, ngawi mengatakan:

    kotabaru is my hometown.walaupun ni pulau terpencil tp hidup disana lebih tentram daripada hidup di kota manapun.kangen deh sm ktb.see you later in ramadhan ya.mudah2an selalu damai2 azha.

  39. abah atiqa mengatakan:

    Yah, banua kita ini emang unik bin antik. soale segala ada. dari perabot oto seni olga mpe galian juga ada dari galian singset asam urat mpe batubara. slagi kita masih ada mending kita ikutan yu menggali, eh menggali potensi nyumbang ide, yang pasti ngga ngrusak. ntar besok2 anak cicit kita kada seperti kita sekarang. amiin.

  40. septiawan mengatakan:

    wah udah pernah ke kotabaru ya,,,

    asik kan??

    saya kelahiran kotabaru,,,jadi saat baca tuliasan anda saya jadi ingat kampung halaman :)

    maklum saya lagi merantau di jogja,,,

    kpan2 ke san lagi ya,,,

    kotabru memang bikin kangen sih,,,yah walau kecil sih kotanya,,,

    salam kenal…

  41. Jamilah Ibrahim mengatakan:

    Saya ga ada komentar…………memang benar kotabaru
    sungguh indahhhhhhhhhhhhhh karna saya orang kotabaru
    sekarang saya tidak di ktb,ikut suami di Saudi Arabia.ALHAMDULLILAH tuap 1/2 tahun pulang kampung.seneng banarrrrrr

  42. harry mengatakan:

    met mlm buat mr.DAY from new city

  43. dj agus mengatakan:

    met mlm buat anak-anak kotabaru…

    banyaki bawa duit klo hdk ke bjm…

  44. Said mengatakan:

    Salam berkunjung aja

  45. Haidar mengatakan:

    saya tinggal disamarinda, waktu kecil pernah liburan dibanjarmasin, keluargapun banyak disana, skrng sudah dewasa klo kesana krna tugas kerja ga sempat jln2 sprti mba cerita diatas, tapi saya pernah sewa perahu jln2 di pasar terapung subuh hari kira2 jam 5.45 pemandangan sungainya alami sekali, sangat indah dan tenang, klo dikota mau beli makanan dan minuman kita berdiri didarat beda dipasar terapung, transaksi pembeliannya diatas air (diatas perahu) jam 10.00 saya keriam kanan (danau) sewa perahu untuk mancing, hrga sewa perahu kisaran Rp 65.000/hari, yah” jdi pengen kesana lagi, kalo ada yang bayarin sms gua ya 0541-7088878 he..he..he..

  46. Fitria mengatakan:

    “kotabaru gunungnya bamega”

  47. M.Nur.79 mengatakan:

    Saya jadi rindu ingin kembali kepangkuan kotabaru setelah meninggalkannya untuk studi di tahun 99. 3 tahun kami kakak beradik disana sekolah di SMKN 1 Ktb dan (adik) di SMAN 1 Ktb. memang begitu indah, banyak kenangan.
    sekarang kembali studi di Kota Kembang Bandung untuk menyelesaikan program pascasarjana. masihkah Kotabaru memancarkan pesona pantai dan gunung Bameganya. Semoga…

  48. Syamsul mengatakan:

    Saya asli orang stagen, karena pekerjaan sekarang saya tinggal di Samarinda, pulang ke Kotabaru setahun sekale, kadang-kadang kangen juga dengan suasana stagen & Kotabaru, salam untuk kawan-kawan di Stagen & Kotabaru.

  49. jhon mengatakan:

    Kotabaru memang indah sebuah kota kecil di sebuah pulau, lengkap dgn gunung dan pantainya.
    saya tinggal di Kotabaru, klu sore tiba enaknya nongkrong di siring laut seperti pantai losari di makassar, saat ini tranportasi sdh bagus mulai darat dan udara apalagi laut.
    smoga Kotabaru kian maju dan berkembang.
    “Majulah Kotabaru”

  50. Gunsen mengatakan:

    Kotabaru kaya akan hasil bumi n lautny..walaupun kotanya kecil n agak terisolir,tp mayoritas masyarakatnya makmur n gak kalah ama gaya org dikota besar,,jd jgn anggap remeh kotabaru..saya yakin sktar 5 taon kedepan ktbru jd kabupaten yg maju n diperhitungkan.,n gak mustahil jd batam kedua.

  51. Ferry mengatakan:

    Kotabaru panoramanya memang indah,tempat wisatanya juga,tapi sangat di sayangkan,biaya hidup lbh mahal di banding kota kota lain,jalannya sempit,kotor,parkir liar di mana mana.panas karena ga ada penghijauan kota,tata kota semraut,akses jalan ke desa”nya ancur mina,contohnya prjalanan kotabaru – lontar.atau kotabaru -tanjung seloka.hancur” sampai kendaraan roda 2 aja sulit melintas.apalagi roda 4.gimana nih pemerintah daerah kotabaru?

  52. Rian mengatakan:

    Saya paling geli ketika orang kotabaru bilang di kotabaru akan dibikin mall, tapi ternyata setelah bangunan yang katanya akan menjadi mall itu malah kayak pasar. Menurut saya perlu 10 tahun lagi sampai kontraktor mau bangun mall di kotabaru. Mungkin mereka nunggu sampai infrastruktur kotabaru seperti kota besar lainnya.

  53. sa-ijaan mengatakan:

    kotabaru sekarang hancur.. kamren ja banjir besar2an… ada rencana juga mau ditambang…

  54. Mingcehn mengatakan:

    AKU ASLI ORANG KOTABARU

  55. Mingcehn mengatakan:

    JANGAN LUPA MASUK KE BLOG AKU DI http://www.rotikotabaru.blogspot.com Dimana di kotabaru saya menjual berbagai macam roti jangan lupa kalo berwisata ke kotabaru mampir ke tempatku hahaha

  56. iin mengatakan:

    lumayanlah,,,,,,,,,,,, sudah bagus,,,,,,,hhee

  57. iin mengatakan:

    lumyan lah…. bagus……….. i like it

  58. Riyan mengatakan:

    Berpetualang ke gunung SEBATUNG tepatnya ditengah-tengah kota, ke puncak paling tinggi meliat seluruh kota dari ketinggian di atas gunung, wah indahnya. Allahhuakbar yg bisa ku ucapkan dari mulutku saat meliat indahnya alam semesta dan indahnya lautan….

  59. suprianto mengatakan:

    aduuah asyik juga ya mendengar koment komentnya, kebetulan saya bulan depan mau survey ke kota baru pekerjaan Advisory Perencanaan SPAM, mudah mudah sukses dan berkesan

  60. ode prast mengatakan:

    bro minggu besok saya kerja disana…apalagi yg menarik ???..

  61. [...] Kotabaru Gunungnya Bamega « Here I amDescription : Akhirnya kami memutuskan naik bis dari terminal Pal 6 Banjarmasin. Ongkos tiket seharga Rp. 65 rb itu sudah termasuk ongkos menyebarang. Berangkat pukul 7.30 WITA. Jalurnya adalah lewat Pelaihari, Kintap, Satui, Pagatan, Batulicin baru … Sehingga kebanyakan rumah penduduk di sebelah kanan jalan berupa rumah papan sementara yg di bukit berupa bangunan beton. Biasanya di bukit-bukit itu terdapat tanah pekuburan. Walopun berupa daerah pegunungan namun dekat dengan pantai. …http://dylin.wordpress.com/200 .. [...]

  62. laras mengatakan:

    Kotabaru gunungnya Bamega…
    Kalau mau dapatkan cinderamata dan oleh-oleh khas kotabaru
    Mampir ke “Sentra Oleh-Oleh SaIjaan” Jl.M.Alwi (dpn asrama kodim) Semayap
    senang bisa bawain oleholeh buat frend dan family

  63. Lina qirana mengatakan:

    Saya bangga jd orang kotabaru

  64. andreas mengatakan:

    saranjana juga bagian dari misteri kotabaru…….

  65. jayputra9 mengatakan:

    Salam. Saya orang Kotabaru Asli.

    Dan juga blogger aktif di daerah Kotabaru.
    Dulu jalan menuju ke Kotabaru memang agak rusak, sekarang udah di perbaiki. Jangan segan untuk kembali ke sini lagi y mbak. Salam Saijaan.

  66. pasifo98 mengatakan:

    Reblogged this on pasifo98.

  67. Fatimah Sitti mengatakan:

    aku pernah tinggal dikotabaru thn 78 s/d 88 dan sekarang di banjarmasin.banyak sekali kenangan yg indah disana semasa SD sampai SMA dan aku kangen sama teman2 disana apa khbrnya ya.

  68. Fatimah Sitti mengatakan:

    SD melati SMP N 1 SMa Garuda Kotabaru Tinggal Di Wiramartas Dekat Misaya Mitra

  69. eny mengatakan:

    Saya org asli Kaltim tp sewktu zamannya SD saya suka sekali menyanyikan lagu daerah banjar,yaitu kota baru gunungnya bamega. Sampe2 lagu tsb meimajinasi saya akan jodoh saya disana. Saya sangat terbuai dengan lagu tsb sewaktu saya kecil dan saat dewasa saya sdh melupakannya. Saat ini saya berkenalan dgn org asli kota baru dan saya teringat kembali akan imajinasi saya itu. Hahaha ampun DJ,apakah dia adalah jodoh saya??? :D

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: