Kahayan Bridge, Tempat Nongkrong Muda Mudi

Mengapa sy menulis ttg jembatan Kahayan?? Banyak sekali cerita mengenai jembatan Kahayan ini. Jembatan ini terletak di sungai Kahayan di kota Palangka Raya yg pny julukan sbg Kota Cantik ( ga tau jg knp kok mdpt julukan kota cantik harusnya sih kota kabut hehe soale kalo musim asap pasti berkabut ). Sejak tahun 2001 di tengah kota Palangka Raya terbangun jembatan Kahayan yang melintasi sungai Kahayan sepanjang 640 meter. Lebar dari jembatan ini 9 meter dengan konstruksi baja Australia. Lengkung busur pada bagian atas jembatan ini berwarna kemerahan dan memberi ciri khas jembatan besar ini yang akan menghubungkan beberapa Kabupaten di Kalimantan Tengah antara lain Kabupaten Barito Selatan dan tembus ke Barito Utara. Namun sampai saat ini jalan darat yg menuju Kabupaten tersebut msh akan dibangun (hny bs dilalui spd motor), sehingga utk jalur angkutan umum hrs berputar melewati Propinsi Kalimantan Selatan dengan jarak tempuh seharian jika lewat darat dan sehari semalam jika lewat sungai (hmm cape deh). Jika infrastruktur menuju Barsel dan Barut sudah bagus makan perjalanan dapat ditempuh selama 5 jam. Jembatan ini diresmikan pada tanggal 18 Januari 2001 oleh Presiden RI Megawati Soekarno Putri.

Jembatan Kahayan

Disepanjang tepian sungai Kahayan terdapat pemukiman penduduk dan rata2 pemukiman itu adalah rumah papan. Memang sih terkesan kumuh. Namun pemukiman itu tertutupi dengan bangunan2 ruko dan perkantoran di sepanjang jalan A. Yani. Jadi ketika melintas di sepanjang jalan A. Yani, kita tidak akan melihat pemukiman penduduk di sepanjang pinggiran sungai Kahayan. Sebagai gantinya kita akan melihat bangunan ruko2 dan perkantoran sehingga kawasan ini terlihat rapi.

Pada umumnya jalan raya di kota Palangka Raya terlihat lebar namun kendaraan yg lewat cuma sedikit sehingga jalan raya terkesan lowong. Namun jangan salah…rata2 pengendara disini sekarepe dhewe. Kl naik kendaraan suka ngebut, lampu lalu lintas pun sering dilanggar (kl lampu barusan merah pasti dilanggar). Orang mau nyeberang g dikasi kesempatan, jd kl nyeberang hrs bener2 sepi. Pernah sy mo ditabarak pdhl udah hmpr nyampe tepi jalan. Kesadaran berlalu lintas disini msh sangat rendah. Disini baru diberlakukan aturan helm standar. Jd skr yg laris manis adl penjual helm standar. Ada yg menarik disini, skr pengendara motor jd saingan utk bagus2an dan keren2an helm. Lhadalah kok jd mbahas pengendara motor yah…

Balik ke laptop, trus apa istimewanya jembatan kahayan?? Bg sy sih tdk terlalu istimewa lha wong lewat aja blm pernah kok😀 Di jembatan ini sering banget dibuat nongkrong anak2 muda. Ya gitu deh, buat berduaan sm pasangannya terutama di waktu malam. Hampir tiap malam selalu ada pasangan yg nongkrong di situ, apalagi malam minggu. Soale suasanane kondusif banget. Walopun bnyk yg pada nongkrong disitu namun masing2 pasangan g da yg merasa terganggu. Di bawah jembatan di pinggir sungai jg ada taman yg sering jg dijadiin tmpt nongkrong. Disini pergaulan muda mudi cenderung bebas. Heran deh, mgkn menurut mrk berada diatas jembatan romantis kali ya… Sampe sy g habis pikir, knp kok ya di atas jembatan yg gelap2 gitu. Sering jg tempat ini dijadikan sasaran empuk bg pencopet dan perampok. Bnyk sudah kejadian sepasang muda mudi dirampok lah, dijambret lah, ditusuk pake sajam lah. Rata2 awalnya para pelaku kejahatan itu modusnya minta uang buat beli miras (disini minum minuman keras udah biasa). Dlm keadaan mabuk mrk maksa minta uang. Kl g dikasi ya akhirnya ditusuk pake sajam dan dirampok. Masya Allah memang itu tempat maksiat. Walopun sering ada penertiban, namun msh bnyk yg suka nongkrong disitu.

Jd menurut saya keberadaan jembatan Kahayan itu membawa efek yg tdk baik (terlepas dr fungsinya sbg penghubung jalan) krn sering jd tmpt berduaan. Padahal kl lg berdua-duaan pasti ada yg ketiga dan yg ketiga itu adalah setan, bener kan. Selain itu tempat ini jg dijadiin sasaran kejahatan krn cenderung sepi dan gelap. Jd mending dijauhi deh :-p

Bundaran besar

Sebenarnya bnyk jg tempat tongkrongan buat muda-mudi. Di sepanjang jalan Yos Sudarso deket bundaran besar bnyk sekali warung2 tenda. Disana bnyk warung makanan maupun minuman. Tinggal pilih mulai dr menu ikan2an, masakan suroboyoan sampe pempek palembang jg ada. Bedanya dg jembatan Kahayan, disini lebih rame krn bnyk sekali pengunjung. Hampir tiap malem selalu rame mulai dr yg cari makanan sampe yg sekedar nongkrong. Kl malam minggu, wah jgn ditanya…rame poll. Apalagi di bundaran besar ada pasar dadakan. Mulai dr pakaian, buku, alat2 masak, alat rmh tangga, jajanan, mainan sampe majalah bekas jg ada. Pernah jg sy liat sekeluarga bule main ke budaran besar. Memang itulah hiburan masyarakat sini. Maklum mall blm ada disini (msh dibangun). Ga tau nanti kalo mallnya udah jd, mungkin pasar di bundaran besar sepi pengunjung yah…

Itulah sedikit ttg beberapa tmpt nongkrong anak2 muda. Sy msh heran deh, knp ya mereka kok suka nongkrong?? Kalo saya sih mending di rumah aja… Tanya kenapa??

18 Balasan ke Kahayan Bridge, Tempat Nongkrong Muda Mudi

  1. laksono mengatakan:

    saya suka nongkrong…berarti masih muda ya😀

    Palangka raya kota yang harusnya bisa lebih rame..
    asal asapnya bisa di ilangin…

  2. alief mengatakan:

    Btw, kahayan itu artinya apa ya?

  3. peyek mengatakan:

    wah asik juga tuh jembatan, pengen nongkrong, minum kopi sambil menikmati kabut.
    salam kenal.

  4. Lintang mengatakan:

    # laksono : jgn2 aku yg udah tua yah gara2 g suka nongkrong😀
    Masyarakat msh bnyk yg ga tau kl ada cara lain membuka lahan selain membakar hutan. Jd mrk g tau kl membakar hutan itu bs dikenai tindak pidana. Mgkn krn pemda kurang sosialisasi ttg peraturan ini. Moga2 aja taun ini pemda sudah antisipasi kebakaran hutan.

    # alief : aku udah nanya sana sini cak, katanya kahayan itu ya nama sungai atau nama daerah, g da arti khusus. Seperti halnya sungai brantas yg di jatim…eh brantas ada artinya yah hehe…jd bingung.

    # peyek : wah kl mo menikmati kabut y hrs pake masker cak, soale berbahaya. Enakan ngopi sm nongkrong di bundaran besar, soale kl di jembatan bs diintai penjahat tuh :p

  5. anisa mengatakan:

    Assalamu alaikum…salam kenal mbak..makasih dah mampir. wah..jembatannya bagus ya mbak… sepertinya bisa jadi obyek wisata tuh..
    Salam buat keponakannya ya mbak.Wassalam

  6. Nur Aini Rakhmawati mengatakan:

    he he jadi reporter kalimantan nih😛

  7. Anang mengatakan:

    khayalan bridge ini apanya stamford bridge?😀

  8. Lintang mengatakan:

    # anisa : Makasih jg mbak udah mampir balik…

    # iin : iya nih nyambi jd reporter😉

    # Anang : wah sy bukan tim pengkhayal jembatan Kahayan…jd sy ndak tau jg😀

  9. arifkurniawan mengatakan:

    Hehehe… gimana tingkah muda-mudanyi kalo lagi nongkrong di jembatan ini?
    Pasti lucu kali yaa?

  10. Amd mengatakan:

    Sekitar 2004 saya ke kota ini, lewat jembatan Kahayan pas mau magrib, duh, kok banyak yang jual jagung ya? Ini jembatan apa pasar malam pikir saya saat itu. Hehe..

  11. Harry mengatakan:

    Yah mang dstu tmpt ank muda mudi ngumpul,slain d stu ada yg nongkrong d alun2 kota….cos na enak aja nongkrong d stu bareng tmn2….:)
    soal nya aq dulu sering ngumpul bareng ma teman2 d palangkaraya…..:)

  12. sheren mengatakan:

    eh, knalan dlu j, aq neh dlu org p.raya, n byk bgt memories of brigde kahayan, tp skrng q cma bsa ngliatin kta payray yg makin berubah, iya g sehh???
    pkok@ lam jauh dr q.

  13. RED'S ARMY mengatakan:

    KAHAYANNNNNNNNNNNNNNNNNNNNNNNNNNNNNKU
    PALANGKARAYA KIUUUUUU]

  14. RED'S ARMY mengatakan:

    Salah satu cara yang salah dalam mempromosikan wisata adalah dengan membuat virus. Hal ini dilakukan oleh pembuat virus Hokage Killer yang menggunakan nama-nama populer id Palangkaraya seperti Jembatan Kahayan, Palma yang sangat berpotensi memicu perang virus yang akhirnya merugikan komunitas IT Indonesia, khususnya komunitas IT Palangkaraya. Memang jelas bahwa pembuat virus adalah programmer-programmer muda yang cerdas dan rasa ingin tahunya besar, tetapi memiliki satu masalah besar yaitu kedewasaan sangat kurang dan tidak perduli (tidak sadar) akan akibat perbuatannya membuat dan menyebarkan virus dapat menyebabkan kerugian bagi pengguna komputer lain. Kemampuan pembuat virus Amburadul dapat dikatakan memadai, tetapi kemampuan Bahasa Inggrisnya sih kayanya sesuai namanya, Amburadul. Kalau ingin menyamaikan tantangan ke Hokage harusnya :

    Hey, Hokage, This is my place, Wanna Start a War ??

    (Hey Hokage, ini rumah gua, mau menggali kapak peperangan ?)

    Tetapi mungkin karena terlalu banyak belajar coding sehingga jarang belajar Inggris dengan baik menjadi :

    Hey, Hokage, Is this My places, Wanna start a war**

    (Hey Hokage, Apakah ini rumah saya ? Mau menggali kapak peperangan ?)

  15. tonimono mengatakan:

    Aku jg pernah ksana…

  16. Christ......... mengatakan:

    jembatan kahayan….
    Agustus 2008 gw pernah kesana dan bahkan mungkin bisa dibilang sering. Emang benar kahayan itu sangat indah… gw kesana ama cewek gw anak katingan, tapi sayang skrg gw dah ga ketemu lagi… BENO I LOVE YOU FOREVER

  17. Silvi mengatakan:

    Seberapa menariksih jembatan Kahayan itu????kenapa harus sewot toh mereka jaga seneng kesana g2…! so enjoy aja lagi. UP TO U

  18. Nadors Zein mengatakan:

    jembatan kahayan untuk saya memang indah karena tidak ditemukan di jawa-barat yang ada yang jembatan layang dan jembatan pasopati di bandung .
    saya pun pernah fhoto disana .
    ..
    sekalian numpang taro artikel kunjungi blog ku http://nador2929.blogspot.com disitu ada kritikan tentang tentang pembabat palangkaraya yg bermimpi.
    tks

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: