Akhir Yang Indah

Bismillah…

Segala sesuatu yg hidup itu pasti mati. Mutlak itu…harga mati…g bisa ditawar. Ketika ada seorang yang meninggal dunia pasti setiap muslim akan mengucap Innalillahi wa inna ilaihi raaji’un. Semua adalah milik Allah dan akan kembali kepada Allah. Beberapa bulan yang lalu aku dikejutkan dengan berita meninggalnya bulikku. Kaget banget ketika mendengar bahwa yang meninggal adalah bulikku. Memang beliau udah sakit karena kebanyakan pikiran dan waktu itu beliau dilarikan di rumah sakit di Kediri. Malam itu jam 23.00 hpku berdering, nomer siapa ini kok ga ada dlm list phone book ku. Akhirnya kuangkat dan ternyata yg telpon adalah suara wanita. “Dek, skr dimana? Di Sby atau di Tagung?” Aku bingung, ”Ini siapa ya?” Trus wanita itu bilang kl mo kasi kabar bahwa bulikku telah tiada. “Innalillahi…” aku baru sadar kl yg telpon itu adalah adeknya bulikku. Aku g bs berkata apa2. “Ya udah dek cm mo ngabari itu” Baru kutersadar…”Oh ini mbak Luth ya…aku di P. Raya, makasih ya mbak” Trus telpon ditutup. MasyaAllah…kaget banget aku, ga nyangka. Akhirnya kukabari keluargaku di rumah.

Pikiranku melayang ketika aku terakhir bertemu dengannya. Waktu itu bulikku sekeluarga silaturahim ke rumah ortuku. Kebetulan habis kubuat minuman, aku duduk disampingnya. Dlm hatiku kok tumben ya bulikku kok pendiam banget, g ngajak aku ngobrol, biasanya kl udah ngobrol pasti sering ngeledekin aku. Kupikir krn beliau sedang sakit dan banyak pikiran krn usahanya yg mandheg. Lalu besoknya aku ketemu lg pas acara halal bihalal di rumah budheku. Disana beliau jg diem, waktu suaminya sedang ngasi kata sambutan dan pesen buat anak2nya kuliat beliau matanya merah karena nangis. Kupikir wajar aja krn mungkin beliau inget anak2nya yg dari dulu susah sekali diatur ditambah lg saat ini sedang menghadapi masalah yg serius. Hmm dan sekarang bulikku udah dipanggil Allah kembali ke sisiNya. Aku hny bs berdoa semoga arwahnya dan amalnya diterima dan diberi tempat yg terbaik di sisiNya. Lalu aku baca al fatihah utk mendoakan arwahnya. Ternyata sehari setelah bulikku dimakamkan aku mendengar berita bhw budhenya sepupuku jg meninggal. Hmm kok musibah bertubi-tubi ya… Ya inilah ujian dr Allah. Kita hrs sabar menerimanya.

Begitulah hidup, jika sudah tiba waktunya kita g bisa menolak dan bersembunyi. Bahkan bersembunyi di tempat yg aman sekalipun tetep tidak bisa. Karena umur sudah ditentukan oleh Allah dalam kitab Lauh Mahfuz. Seringkah kita mengingat mati? Sudah siapkah kita jika suatu saat telah tiba waktu kita utk kembali ke sisiNya? Dan bagaimana akhir episode kehidupan kita? Apakah khusnul khotimah atau bahkan su’ul khotimah? Naudzubillah, smg kita termasuk bagian yg khusnul khotimah. Apalagi kl mati syahid yah….wah kl itu cita2 tertinggi deh. Jd inget cerita dr ayahku. Beliau pernah cerita kl pernah menemui seseorang yang mati dlm keadaan khusnul khotimah. Beliau adalah guru ngaji ayahku. Sering ayahku main ke rumahnya. Ayah salut, kagum dan hormat banget kepada beliau. Setiap tarikan nafasnya, beliau selalu melafalkan Allah Allah dan Allah. Dalam keadaan apapun sehat maupun sakit beliau selalu bertasbih dengan menyebut asma Allah. Subhanallah. Dan kebetulan wkt beliau sakit, ayah sering menunggui beliau. Dan pada saat sakaratul maut, ayahku lah yg menunggui beliau. Ayah bilang bahwa pada saat terakhir, beliau selalu mengucapkan Allah….Allah….dan pada saat nafas tinggal satu maka beliau berhasil mengucapkan Allah……. Subhanallah…terharu banget aku mendengarnya, apalagi ayahku yg saat itu menunggui. Sebuah pengalaman yg berharga dan selalu membekas. Maka ayahku selalu berpesan kapadaku untuk selalu berdzikir setiap saat. Dan membiasakan utk mengucapkan kata2 yg baik (selalu ingat Allah) sehingga ketika dlm kondisi yg kaget maka yg keluar adalah kata2 yg baik (selalu ingat Allah).

Udah pernah baca novel ayat2 cinta? Subhanallah memang bener2 novel pembangun jiwa. Kl kubilang sih ini novel top bgt dan bermutu banget. Katanya sih udah mo difilmkan. Ada suatu kejadian dimana sang tokoh utama yg bernama Fahri dlm keadaan sakit dan koma. Dan ketika nggak sadar dia mengigau namun dia mengigau sedang tilawah ayat2 Al Qur’an. Bahkan seorang Maria yg beragama koptik pun dlm keadaan g sadar jg membaca surat Maryam. Nggak tahu ini hny sebuah cerita ataupun bener2 terjadi namun dengan membaca novel itu akan semakin menggugah dan membangun jiwa kita utk terus berIslam secara benar. Hmm ketika kita nggak sadar memang keluarlah semua apa yg biasa kita lakukan dan kita bicarakan. Ada suatu cerita juga yg mengisahkan kesudahan yg berseberangan (tp aku sedikit lupa). Ada seseorang yg yg mengalami 2 kejadian yg berbeda. Ada suatu kecelakaan mobil dan penumpangnya nggak sadar. Namun dlm keadaan tdk sadar itu dia ndremimil nyanyiin lagu2 barat yg sedang in. Sudah diusahakan spy dia bisa melafalkan ayat2 Allah, namun tetep aja yg keluar adalah nyanyian. Dan akhirnya dia pun meninggal. Ternyata selama hidupnya dia sangat jauh dr Al Qur’an. Lalu dlm kesempatan yg lain, dia menemui suatu kecelakaan mobil. Dan yg mengendarai mobil dlm keadaan terluka parah dan tdk sadar. Namun secara otomatis, orang tersebut membaca ayat2 al Qur’an. Dan akhirnya dia pun meninggal. Maka orang tersebut berusaha mencari tau riwayat orang yg meninggal tsb. Ternyata semasa hidupnya dia selalu dekat dg Al Qur’an dan dia selalu mendengarkan murattal dan berusaha utk menghafal. Dan pada saat sblm kecelakaan tsb dia akan menuju ke sebuah panti asuhan utk menyumbang bahan2 makanan dan buku2 Islam krn pd saat itu mobilnya penuh dg bahan makanan dan buku2 Islam. Dan dia meninggal dalam keadaan menyebut asma Allah yg suci. Subhanallah. Sebuah akhir yang indah. Itulah yg selalu diinginkan setiap muslim. Dan semoga kita termasuk salah satu diantaranya…Amien…

19 Balasan ke Akhir Yang Indah

  1. WeW mengatakan:

    manusia atau makhluk yg lain pun.. baik hidup maupun tidak hidup hanyalah milik 4JJI..
    apakah itu kepandaian, kekuatan, kesehatan apapun itu yg ada pada diri makhluk tsb hanyalah milikNya… semua ada cara nya utk mensyukuri atas nikmatNya yg tlah diberikan… cuman, manusia makhluk yg diberi akal pikiran lebih inilah yg terkadang lupa… kita selalu berdoa, smoga termasuk ke dlm hambaNya yg sll mensyukuri atas nikmat yg diberikan 4JJI baik disadari maupun tidak disadari… Amien..

  2. cakmoki mengatakan:

    Ceritanya serem, kecelakaan. Tapi happy ending
    Semoga kita termasuk golongan khusnul khotimah.
    Amin, amin, amin.

  3. Hasan mengatakan:

    Tak ada seorangpun yg mampu lari dari maut

    Btw Mas-nya penggemar ayat-ayat cinta juga ya>bagus de…

  4. Evy mengatakan:

    innalillahi wa innalillahi rajiun, semoga amal ibadah bulek di terima disisinya amien. Ya mati is on the way…. so get ready, emang kudu di biasain baca al-Quran, sayang sekali mukjizat yg di bagi2 tapi ga banyak yg nyentuh

  5. Lintang mengatakan:

    # WeW, alief, cakmoki : amien…ya robbal ‘alamin.

    # Hasan : wee sy kok dipanggil mas yah, pdhl udah pake foto loh. emang bnyk yg salah sangka kl liat nama doang yah😛

    # Evy : amien…makasih bu atas kunjungan baliknya…

  6. alle mengatakan:

    Innalillahi wa inna ilaihi raaji’un

  7. panca mengatakan:

    innalillahi turut berduka cita, mas

  8. Hanichi Kudou mengatakan:

    Innalillahi wa inna ilaihi raaji’un, semoga beliau diterima di jannah-NYA, Amiin..

  9. ..:X W O M A N:.. mengatakan:

    Stu hal meskipun kapan datangnya adalah rahasia, tapi kedatangannya kepada kita pasti hingga tak akan ada tempat berlari dan bersembunyi yaitu Mati. Mangkanya siap-siap yuk.. mudah2an termasuk ke dalam golongan khusnul khotimah😉

  10. deKing mengatakan:

    Innalillahi wa inna ilaihi roji’un…

    smg kita termasuk bagian yg khusnul khotimah

    AMIN…AMIN

  11. antobilang mengatakan:

    mati itu memang rahasia Tuhan, pasti datang, dan tak tahu kapan..

    pada mau link donlodnya AYAT2 cinta gak?

    di sini nih…Ayat2 Cinta

  12. Lintang mengatakan:

    # semuanya : makasih atas do’anya…dan smg kita termasuk dlm gol khusnul khotimah

    # panca : hmm udah 2 org yg panggil aku mas…kl avatarku udah kuganti…msh ada g ya yg panggil aku mas??

    # antobilang : makasih atas link donlod A2C, kebetulan aku udah donlod dr link itu jg…aku nunggu donlodan Ketika Cinta Bertasbih mas, cari bukunya blm ada…kl ada kasi tau sy ya😉

  13. tya mengatakan:

    kereeen…aku sampe terharuuuu……hiks2

  14. Heri mengatakan:

    Minta tolong, doakan ana ya… bila mati dalam keadaan husnul khotimah, sukron2.

  15. […] ” Bapakmu meninggalnya ndak nyusahin Le “ ” Semoga bapak meninggal dengan khusnul khotimah “ ” Kamu punya bapak yang hebat Ang “ ” Bapakmu meninggal dengan tenang. […]

  16. Nina mengatakan:

    Subhanallah… posting yg baguz ^^
    aq cma bza berdoa, moga kita semua trmasuk KHUSNUL KHOTIMAH juga,,
    Amiien…🙂

    Wassalam ^_^

  17. Alya mengatakan:

    semoga kita berakhir dalam keadaan khusnul khotimah.

  18. Tpi apakah saat hembusan nafas terakhir pada orng yg meninggal dan ia mengingat hal selain Allah termasuk mati husnul khotimah ?

    http://www.manbauladhim.byethost7.com/Iman%20Versus-1.html

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: