Mengapa Doa Tidak Segera Terkabul?

Wah sudah hampir 3 minggu ini aku ga ngupdate blogku. Kangen banget utk ngeblog lg dan blog walking. Maklumlah…baru pindahan jd bnyk yg dipikir. Apalagi lingkungannya jg baru, jd harus menyesuaikan diri dulu. Barulah hari ini aku berhasil menyempatkan diri utk mulai bikin tulisan sok sibuk Tp kok ya bingung mo bikin apa yah😀

Hari selasa minggu lalu kebetulan ada raker alias ra kerjo di kantorku. Jd kesempatan ketemu sm banyak orang dari seluruh cabang, apb dan sektor. Sudah lama nggak ketemu sm temen2 seangkatan dan baru kali ini aku ketemu sm beberapa teman angkatan diatasku yg cm sering menyapa lewat dunia maya tp blm ketemu blas. Jd agak surprise gitu. Ketemu sm temen2 banyak kabar baru yg kudenger. “Eh si ini anaknya udah 2 loh.” , “Eh si itu mo nikah loh, si ini jg barusan nikah.” “Trus kapan kamu nikah??” Pasti deh mulai nanyain tentang itu. Jd inget perkataan temenku. “Orang Indonesia itu pada resek deh, kalo udah kerja ditanya kapan nikah? Kl udah nikah ditanya kapan pny anak? Kl dah pny anak ditanya kpn nambah? Kl anaknya dah gede ditanya kapan mantu? Kl udah mantu pasti ditanya kapan pny cucu?” Kalo udah pny cucu ditanyain apa lagi yah?? Hehe… Sering jg temenku dinasehati, “Kamu jgn terlena. Pekerjaan udah mapan, umur semakin berkurang. Terus kapan kamu nikah??” Sewot jg temenku kl dibilangin gitu. Pasti deh jawabnkya gini, “Emang siapa sih yg ga pengen nikah? Maksud hati pengen nikah secepatnya tapi kalo sampai skr blm ketemu jodoh mo nikah sm siapa donk?” Trus pasti deh dijawab gini, “Makanya km jgn pilih2, sering berdoa sm Allah…minta dipertemukan dg jodohnya.” Trus temenku jawabnya gini, “Perasaan aku udah sering berdoa deh sm Allah, knp ya kok sampe sekarang blm dikabulkan? Apa karena aku kebanyakan dosa? Atau krn Allah g sayang sm aku?”

Kalo inget perkataan temenku ini, aku inget buku kecilku pemberian dari temenku judulnya “Tausyiah untuk Aktifis Dakwah” karya Dr. Najih Ibrahim. Isinya adalah nasehat2 untuk para aktifis dakwah dan terdiri dari berbagai judul. Salah satu judulnya adalah “Mengapa doa tidak dikabulkan??” Sering kali ketika kita punya keinginan atau hajat, pasti kita selalu berdoa kpd Allah. Berdoa dan berdoa dengan mengiba kepadaNya. Kalo udah lama berdoa namun doa kita blm jg dikabulkan apa yg akan kita lakukan? Terus berdoa atau menyerah dan putus harapan? Dalam salah satu riwayat Al-Bukharii, Muslim, Abu Dawud, At-Tirmidzi, Ibnu Majah, dan Ahmad disebutkan bahwa Rasulullah bersabda:
“Doa salah seorang dari kalian dikabulkan selagi ia tidak buru-buru doanya dikabulkan. Ia berkata, ‘Aku telah berdoa kepada Tuhanku, tapi doaku tidak dikabulkan’.”

Sebenarnya ada beberapa sebab mengapa doa tidak segera dikabulkan Allah Ta’ala dan ada hikmah besar dibalik tidak dikabulkannya doa dalam waktu cepat. Diantara sebab dan hikmah itu adalah sebagai berikut:
1. Bisa jadi, penyebab tertundanya doa yg tidak dikabulkan adalah karena kita tidak memenuhi syarat2 diterimanya doa. Misalnya kita tdk menghadirkan hati ketika berdoa, atau tidak khusyuk dlm berdoa atau kita berdoanya asal2an dsb.
2. Kadang tdk diterimanya doa kita adalah karena kita ada dosa dan blm bertaubat atau makanan kita mengandung syubhat atau ada hak milik orang lain pada diri kita dan kita blm mengembalikannya. Maka dr itu sebaiknya kita segera bertaubat nasuhah dg melengkapi syarat2nya dan mengembalikan hak orang lain kpd pemiliknya terlebih dahulu. Dalam hadist disebutkan bhw Rasulullah bersabda, “Hai Sa’ad (bin Abu Waqqash), makanlah makanan yg baik-baik, niscaya engkau mjd org yg dikabulkan doanya.” Jg disebutkan di hadist shahih, “Lalu Rasulullah mengisahkan seseorang yang rambut acak2an, berdebu, dan menengadahkan tangan ke langit utk berdoa, ‘Ya Allah, ya Allah.’ Padahal, makanannya haram. Minumannya haram. Pakaiannya haram. Dan diberi makan dari sumber haram. Bagaimana doanya dikabulkan?” (diriwayatkan Muslim, At-Tirmidzi, dan Ahmad)
3. Bisa jadi, Allah sengaja menyimpan pahala doa dan baru Dia berikan kepada kita di akherat kelak atau Dia menghilangkan keburukan dari kita. Diriwayatkan dari Ubadah bin Ash-Shamit r.a bhw Rasulullah bersabda, “Jika diatas bumi ada orang Muslim berdoa kepada Allah dengan satu doa, maka Dia mengabulkan doa itu atau menghilangkan keburukan darinya, selagi ia tidak mengerjakan doa atau memutus hubungan kekerabatan.” Seseorang berkata, “Bagaimana kalau kita memperbanyak doa?” Rasulullah bersabda, “Allah lebih banyak lagi mengabulkan doanya atau menghilangkan keburukan darinya.” (diriwayatkan At-Tirmidzi, Ahmad dan Al-Hakim).
4. Penundaan terkabulnya doa mrpkn ujian baru dr Allah kpd seseorang. Allah akan melihat apa yg akan dilakukan hambaNya jk doanya tdk segera dikabulkan. Apakah hambaNya semakin menjauh atau malah semakin mendekat kpdNya. Sebagai muslim kita hrs tahu bahwa hikmah dibalik doa tdk sgr dikabulkan adl Allah ingin menguji hambaNya, sehingga kita tahu langkah apa yg diambil. Sikap org mukmin tdk berubah thdp Tuhannya ketika doa tdk segera dikabulkan dan malah ia semakin rajin beribadah kepadaNya.
5. Kadang, doa yg tdk sgr dikabulkan akan membuat diri kita semakin dekat dg Allah, selalu merendahkan diri dan berlindung diri kepadaNya. Sebaliknya jika permintaan kita dikabulkan sm Allah bisa jd kita menjadi sibuk dan tdk ingat lg kpd Allah, tdk meminta dan berdoa kepadaNya. Ibnu Al-Jauzi meriwayatkan dari Yahya Al-Bakka’ bhw Yahya Al-Bakka’ bermimpi bertemu Allah, di dalam mimpi itu Yahya berkata, “Tuhanku, aku seudah sering berdoa kepadaMu, tp Engkau tidak kunjung mengabulkan doaku?” Allah berfirman, “Hai Yahya, Aku ingin selalu mendengar suaramu.”
6. Jika doa kita sgr dikabulkan oleh Allah, bisa jd kita malah berbuat dosa, atau berakibat buruk bagi agama, atau apa yg kita minta sekilas baik bagi kita namun sebenarnya tdk baik bg kita. Terutama bg yg tdk berdoa dg doa2 yg diriwayatkan dari Rasulullah.
7. Setiap doa punya takaran dan ukuran. Ga mungkin kan hari ini kita berdoa spy Khilafah Islamiyah berdiri keesokan harinya. Seorang ahli tafsir menyebutkan bhw jarak antara doa nabi Musa dan terkabulnya doa adalah 40 tahun. Dlm surat Yunus:88 dan surat Yunus:89.

Itulah beberapa hikmah sebab mengapa doa tdk segera terkabul. Dengan mengetahui sebab2nya kita bs bemuhasabah mengapa ketika kita berdoa namun Allah tdk segera mengabulkan doa kita. Mungkin salah satu penyebabnya ada dalam poin2 diatas. Intinya sebagai muslim kita ga boleh berputus asa. Tetaplah berdoa dan berusaha atas apa yg kita inginkan. Apapun hasilnya, jika kita sudah pasrah dan menyerahkan semua kepada Allah, insyaAllah kita akan merasa tenang dan menerima dg ikhlas semua ketentuan dr Allah.🙂

41 Balasan ke Mengapa Doa Tidak Segera Terkabul?

  1. ..:X W O M A N:.. mengatakan:

    iya nih, kemana aja mbak Lin… ditengokin kok ga ada terus😀
    wah itu sih masalah yang bikin aku ga betah ada di rumah, kalo libur… kerjaannya keluyuraaannn aja😀
    Abis bagaimana lagi, kalaupun udah punya pasangan trus kalo belum saatnya ya mau diapain lagi, toh kalo Allah SWT udah bilang Kun Fayakun… akan tiba saatnya ya ngga? Padahal mungkin memang aku yang berdo`a nya kurang sungguh2…
    **maap nih ngoceh ga jelas**

    sebenarnya kl sudah ada pasangan ya lebih baik disegerakan to. ntar keburu pasangannya kabur hehe..ato jgn2 emang mbak X kurang bersunggug2 dlm berdoa😀
    **maap jg jawabannya jg g jelas**

  2. Nur Aini Rakhmawati mengatakan:

    pindah kemana lagi ?

    pindah ke jawanya kalimantan hehe…mo ikut??

  3. peyek mengatakan:

    kalo do’a selalu terkabul apa nggak keenakan terus ketiduran?

    iya ntar keenakan trus ketiduran, makanya doanya nggak segera dikabulkan🙂

  4. cakmoki mengatakan:

    Tuntunan do’anya asyik.
    Btw, 3 minggu off, lagi sibuk ya🙂

    iya nih, lg sibuk pindahan. sekalian nunggu jatah komputer, baru deh bs ngeblog lg…

  5. dedex mengatakan:

    kadang yang terkabul bukan yang kita minta tapi tapi yang kita butuhkan🙂

  6. dedex mengatakan:

    kadang yang terkabul bukan yang kita minta tapi yang kita butuhkan🙂

    wah dedex semangat sekali sampe ngirim 2 kali😀 Betul, apa yg kita butuhkan tp kadang kita merasa tdk membutuhkan itu pdhl sebenarnya butuh banget.

  7. islam feminis mengatakan:

    salam kenal…

    salam kenal jg…

  8. deking mengatakan:

    Jika doa kita sgr dikabulkan oleh Allah, bisa jd kita malah berbuat dosa

    Yup..setuju…
    Hanya Alloh yang tahu apa yang sebenarnya kita butuhkan, kita hanya tahu sebatas apa yang kita inginkan

    betul banget

  9. riza mengatakan:

    Trims artikelnya. Mungkin itu sebabnya sampai sekarang Khilafah Islamiyah belum berdiri meskipun banyak kaum Muslim yg berdoa untuk itu. Mari berdoa bersama demi berdirinya Khilafah Islamiyah sambil terus berikhtiar dan senantiasa instropeksi diri. Eh, mbak gmn kabarnya nih di kalimantan? Ga pengen balik ke tanah jawa ta?

    wah skr aku udah di jawanya kalimantan nih…tgl dikit lg sampe ke jawa hehe…

  10. Agam mengatakan:

    Sepertinya aku perlu berbenah diri agar lancar kuliah, klinik, skripsi, dll….
    tolong do’ain juga ya biar skripsiku lancar.🙂

    Ya Allah, semoga Agam segera berbenah diri agar lancar kuliah, klinik, skripsi, dll…amien😀

  11. alief mengatakan:

    kalo saya bukan aktifis dakwah, boleh gak ya baca tuntunan itu?🙂

    beneran ta bukan aktivis dakwah? wong sy jg bukan kok, berarti cak alief boleh baca jg hehe…

  12. bluedee mengatakan:

    alasan-alasannya cukup masuk akal tuh, jadi ngerti kenapa kadang2 doa gw ga dikabulkan. Salam Kenal

    alhamdulillah kalo masuk akal, salam kenal balik

  13. kangguru mengatakan:

    Hehehe jadi pengen malu udah Suudzon kok do’aku ngak dikabul hehehhe
    makasih diingetin

    kok pengen malu? malu pake pengen yah??😆

  14. ndarualqaz mengatakan:

    doa saya kok selalu terkabul ya ????? (doa saya bunyinya, “Ya Allah, berikanlah yang terbaik untuk hambamu yang hina ini”) dan setiap hal yang saya dapat di dunia ini (jelek ataupun baik) selalu jadi yang terbaik buat saya….

    amien, memang kita hrs berbaik sangka sm Allah dan selalu meminta yg terbaik

  15. adhi mengatakan:

    wah, tulisan yang bagus …

    makasih dhi…tulisanmu bagus2 juga🙂

  16. Arie mengatakan:

    Mungkin nasib kita sama! Salam kenal aja.

    salam kenal balik

  17. jokotaroeb mengatakan:

    aku mau baca dulu ahhh… komennya ntar 8)

    bacanya udah belum??

  18. laksono mengatakan:

    waduh yang baru pindahan ya…

    saya sama mamanya rafi juga sedih doanya untuk cepet deket belum dikabulkan.
    kayaknya ya memang sabar kuncinya

    iya mas…yg sabar aja ya…sambil terus berdoa dan berusaha🙂

  19. nita mengatakan:

    karena kita blom nyadar ternyata kita masih selalu dan selalu bikin dosa. walaupun tidak melakukan tapi membiarkan itu tidak dihentikan kan juga dosa.
    argh!!! ternyata aku nabung dosa lebih banyak daripada pahala.
    riba masih jalan terus…
    zina dilokalisasi masih dilegalkan…
    judi apalagi.

    panjang kalo disebutin.

    disebutin semua jg gpp kok😀

  20. rodi mengatakan:

    kok ngerti gak dikabulkan??? ditunda barang kali….positif thinking aja ya. selama kita berdo’a sesuai dengan syari’atnya Allah pasti mengabulkannya. yang penting bagi kita ya ikhtiarnya itu aja yang bisa kita lakukan karena Allah tidak menilai hasilnya tapi usaha kita. OK

    gak usah kenalan ya kan saya dah tau namanya LINTANG

    amien…eh namanya rodi atau ridho??

  21. alle mengatakan:

    Tos dulu mbak,.. aku juga dah hampir dua minggu gak update blog hehehe.. *plak*

    jangan pernah berhenti untuk berdoa🙂

    Toss…

  22. nayla zahra mengatakan:

    hmm .. berdoa mang ga ada matinya .. meski soal terkabul ga nya tergantung Gusti Allah .. sebab Dia lebih tau yang terbaik .. dikabulkan sekarang apa nanti? Bagua apa tidak? dan beribu alasan yang hanya dan cuman Dia yang Maha Tahu..🙂
    *NgOmOnG aPA Bun?? KabBurrrr*

    lho kok malah kaburr?? tak kejar loh…

  23. Dee mengatakan:

    Kira-kira enakan mana, dikabulkan di dunia, apa diakumulasi buat akherat nanti ya?

    kira2 enak mana ya?? kalo menurut pak dee enakan mana?? loh kok nanya balik

  24. Heri Setiawan mengatakan:

    Semoga segera dikabulkan deh do’anya…
    Tetap bersabar dan berbaik sangka kpd Allah yak…

    amien…🙂

  25. rusle mengatakan:

    ada anggapan bahwa ibarat arus listrik, doa itu hanya bisa nyambung kalo kuat arus nya sama/compatible…so kadang doa gak ijabah kalo masih ada noktah kotor berupa dendam, iri hati dan kesombongan di hati kita….tapi Allah Maha Mendengar…apalagi dalam keadaan under kezaliman….

    yaa manismuhu dawa’..
    wa dzikruhu syifaa…

    ya yang namaNya menjadi obat
    dan berzikir menyebutNya adalah penawar..

    salam kenal..
    semoga doa nya terkabul..amin

    wah tenyata berhubungan dengan listrik juga😀 sepakat, memang kita hrs membersihkan diri dari noda2…salam kenal balik, makasih udah mampir🙂

  26. islam feminis mengatakan:

    Asslamualaikum
    Tulisannya bagus dan bermanfaat. Kalau boleh saya tmbahkan sedikit; Berdasarkan ayat: “Idza sa’alaka i’badi ‘anni fainni qoriib, ujibu da’watad Da’i idza Da’aan” (Jika hamba-Ku bertanya tentang-Ku maka (jawablah) bahwa Aku adalah dekat. Aku akan mengkabulkan doa jika ia memohon (kepada-Ku) ) Ayat ini menjelaskan bahwa Allah pasti mengkabulkan doa orang yang berdoa kepadanya, dengan syarat-syarat yang telah dsebutkan di atas. Namun, pengkabulan doa terkadang berupa
    1- Ta’jil (Segera). PErmohonan yang dikehendaki dikabulkan dengan cara yang cepat.
    2- Takjil (Diperlambat) demi masalahat. Dikabulkan sesuai dengan apa yang diinginkan, namun tidak langsung diberi, melihat masalahat-masalahat yang ada pada makhluk. Contoh, kalau kita minta harta kekayaan sama Allah, maka karena Allah melihat (dengan ilmu-Nya yang Maha Luas) tidak masalahat diberi dalam waktu dekat (langsung) maka Allah mengakhirkannya mungkin setelah dua atau tiga tahun, agar ia lebih giat bekerja umpamanya.
    3- I’wadh (diganti). Doanya di kabulkan tapi permintaannya diganti dengan sesuatu yang lain, kembali karena masalahat. Kalau kita minta kaya (harta) umpamanya, namun karena Allah melihat bahwa tidak masalahat kita menjadi kaya -mungkin karena bisa sombong atau lupa Allah- maka Allah mengaggnti pengkabulan doa kita dengan kesehatan lahir dan batin umamanya, agar dapat selalu beribadah kepada-Nya.
    Itu saja sedikit tambahan, semga bermanfaat.
    Jangan lupa doakan saya ya…?!
    Tentu doa harus dibarengi dengan usaha maksimal.
    Wassalam

    Jazakillah khoir mbak atas tambahannya. Sangat bermanfaat🙂

  27. ris mengatakan:

    manusia hanya meminta tapi lagi2 Tuhan yang menentukan.

    betul, namun manusia hrs tetep berusaha dan berdoa

  28. kurt mengatakan:

    Do’a tak mudah dikabul yaa… hmm rasanya apapun syarat yang telah ditulis tak juga meyakinkan akan diterimanya do’a… misal: ikhlas duuuh term ini suliiit sekali…. pokoknya bagi saya, doa tetap terus dipanjatkan sebab ia ibadah, tak perlu menyebutkan apa keinginan kita. bukankan Gusti Allah Maha tahu tentang kebutuhan kita…..🙂

  29. niningdwi mengatakan:

    Wah….
    Bagus sekali tulisanmu…:)
    Bahasanya enak gitu loh…:)

  30. Meina Zahra mengatakan:

    salam kenal…!! sbenarnya Aku gi sedih gatau msti crita ma sapa,,dah hampir 2 bln calon aku prgi tnpa kbar n hpnya ga prnah aktif. aku slalu brdoa smoga Allah bsa mprtmukan kmbali aku dengan calonku agar aku bisa mndapatkan kepastian darinya n mbrikan kpastian kpadanya, tpi Doaku blom dikabul juga,,aku hnya bsa pasrah n sabar menanti jwab-Nya.

  31. Rani Mujianti mengatakan:

    salam kenal! pingin dikabul ya? nyanyi aja gini
    ” semoga tuhan oh mengabulkan doa yang kita minta”
    thanks…..

  32. Lintang mengatakan:

    @kurt
    Iya pak…Allah maha tahu kebutuhan kita. Tp tdk ada salahnya loh meminta karena Allah sdh menjanjikan…berdoalah kpd-Ku niscaya Ku-kabulkan doamu. Berdoa kan sama dengan meminta ya pak…

    @niningdwi
    Wah makasih banget kalo tulisanku ini bs bermanfaat🙂

    @Meina Zahra
    Salam kenal jg, wah lg sedih ya… Tp semoga saja skr sudah tau kepastiannya yah. Percaya sama Allah karena Dia tahu apa yg terbaik buat umat-Nya.

    @Rani Mujianti
    Nyanyi sambil doa ya??

  33. ibnu mengatakan:

    Assalamualikum Wr. Wb

    usaha dan trus berusaha
    jgn terlalu banyak meminta, lebih baik banyak memuji keagungan allah SWT
    mungkin mata ini hanya bisa memandang seisi dunia saja, coba bayangkan galaksi ini begitu luasnya.
    mungkin pengharapan qt hanya pada dunia dan akhirat saja,andaikan akhirat&dunia gk ada, apa qt masih mau mengagungkan allah SWT???
    qt diturunkan kedunia ini pasti ada maksud tertentu(allahualam)
    walaupun hanya jd pengemis tp jd lah pengemis yg tdk meminta2 kpd manusia tp mengemislah pd allah SWT.
    Harta,anak,ketampanan/kecantikan. hanya titipan yg harus dijaga sesuai dgn perintah allah SWT
    ingatlah qt hanya seonggok daging yg terbuat dari tanah yg akan kembali pd tanah tubuh ini
    sedangkan jiwa ini akan menghadap allah SWT
    jgn kan hrta dll yg bersifat duniawi, apakah tubuh ini jg akan dibawa???
    tidak tubuh ini hanya akan habis dimakan penghuni tanah kecuali ats kuasa ALLAH SWT yg Maha dr segala Maha.
    bersihkan jiwa ini, karena sengguhnya manusia ini diciptakan dalam keadaan yg bengkok. jd tinggal qt mau meluruskannya, atau membengkokkannya hingga menjadi sebuah lingkaran(hanya allah SWT yg tau yg terbaiknya)
    berjihad lah dijalan allah SWT dengan mengagungkan kebesarannya..
    tugas utama qt diturunkan didunia ini hanya penurus kehidupan Nabi Adam as dan istri ats perintah allah SWT untuk terus berdoa memintakan ampunanan pd allah SWT
    tugas utama qt hanya memuja dan memuji serta bersujud pd sang Hak ALLAH SWT

    Maafkan hamba allah SWT yg miskin ilmu ini yg bila tanpa izin dan kekuasaan allah SWT memiliki apa yg AllahSWT kehendaki..
    Wassalamualaikum Wr Wb

  34. akhtiar mengatakan:

    wah jadi pengen berubah ni

  35. gforce7800 mengatakan:

    ngaco lo cuk, doa gak terkabul bukan karena kita berdosa dan lain sebagainya dodol lo.

    doa bisa tidak terkabul karena memang bukan itu yang diinginkan tuha kepada kita.

    tuha menyimpan sesuatu yang lebih baik di kedepannya.

    jadi kalo lo berdoa supaya diterima jadi PNS tauya gak diterima yah karena itu bukan yang terbaik untuk lo.

    tapi ada rencana tuhan yang mungkin karena lo gak diterima jadi PNS malah bisa jadi department manager di Perusahaan swasta.

    yah ambil hikmahnya ajah.

  36. Ukhtya mengatakan:

    Subhanallah…. Terima kasih muhasabahnya… Saat ini saya juga sedang menanti terkabulnya doa….

  37. novi mengatakan:

    Q skrang jg menunggu doa q kpn bs terkabul,tiap shalat air mata in tidak tahu dah brapa drum yg menetes.😦

  38. rhiya mengatakan:

    ak jga sedang menunggu terkabul nya doa ku…semoga doa ku didengar allah..swt…….

  39. imelda mengatakan:

    selain syarat2 td..biar doa cpt dikabulkan ya sedekah deh dibanyakin..jngan jd orng pelit..kan Allah janji bakal ganti sedekah kita ber~lipat2 so tunggu apa lagi..oiya lam kenal lintang ..jg tmn2 smuanya..

  40. sansan mengatakan:

    Semoga doaku dikabulkan Allah. AMIN…..

  41. David Perdana mengatakan:

    asalamu’alaikum ..
    wew..asik yaa blognya ..
    mudah”an dari blog itu saya bisa memahami lebih dalam lg ..
    hihihi ..
    makasih yah ..
    wassalam …

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: