Aku Prihatin

Pernah nonton sinetron Candy di RCTI? Pertama kali saya liat iklan di TV, saya agak kaget kok judulnya candy ya. Jd inget komik candy candy waktu saya msh SD dulu. Kalo gak salah dulu RCTI jg menayangkan kartun candy candy. Tapi kayaknya nggak sampe selesai nayanginnya. Jujur saya nggak begitu ngerti jalan ceritanya. Yg saya tau tokoh candy itu adalah seorang gadis kecil yang riang dan tabah. Walopun nasibnya selalu tidak beruntung, dia selalu ceria dan riang gembira. Tdk pernah menampakkan kesedihannya. Kebetulan temenku ngerti jalan ceritanya jd saya bisa menceritakan sekilas jalan cerita candy candy. Dia tinggal di panti asuhan dan mempunyai sahabat yg namanya Annie. Selanjutnya Annie diadopsi oleh keluarga yg kaya The Brightons sehingga Candy hrs berpisah dengan sahabatnya. Dan akhirnya Candy pun diadopsi oleh keluarga kaya juga yaitu keluarga Leagan, namun di keluarga ini dia disia2kan oleh anak2 Mr. Leagan yaitu Eliza dan Neal. Akhirnya keluarga Ardlay menyelamatkan Candy dengan cara mengadopsinya. Disinilah Candy menemukan cinta pertamanya yaitu dengan Anthony Brown. Untuk cerita komplitnya bisa dibaca disini 😀

Penasaran dg sinetron Candy akhirnya saya mencoba utk menonton dan ternyata emang sinetron itu njiplak abis dr komik Candy Candy. Semua tokoh memiliki nama yang sama. Hanya beberapa nama yang disesuaikan dg lidah orang Indonesia yaitu tokoh Albert diganti Alfa, Archie diganti Aldi dan Stear diganti Steven. Alur ceritanya pun sama walopun ada beberapa yg dirubah. Di komik aslinya tokoh Albert (Alfa) adalah salah satu keluarga Ardlay dan merupakan adik dari orang tua Anthony sementara di sinetron, Alfa adalah sodara kembar Anthony. Ceritanya pun maksa utk disesuaikan sm novel aslinya pdhl kultur Amerika sm Indonesia itu jauh banget. Jdnya ya aneh banget…maksa.

Trus kenapa saya menulis tentang Candy? Saya prihatin nih sm sinetron2 Indonesia. Sering banget jiplak film luar negeri atopun ngambil dari novel. Tp kok nggak ada keterangan bahwa ini sinetron berdasarkan film tertentu ataupun novel tertentu. Biasanya sih di akhir atau awal tayangan ada tulisan bahwa sinetron ini adalah fiktif belaka kalopun ada nama maupun tokoh yg sama itu adalah unsur ketidaksengajaan. Padahal udah banyak penonton yang tahu bahwa sinetron itu njiplak abis. Tp kok msh nggak mau mengakuinya. Banyak banget sinetron Indonesia njiplak abis. Kalopun njiplak dan mengakui kalo itu adalah hasik jiplakan sih mending. Saya sebagai penonton nggak akan ngedumel kayak gini. Saya kira bukan hanya sinetron aja yg njiplak tp banyak juga lagu hasil jiplakan. Contohnya lagu2 india ataupun korea yg sering dijiplak jd lagu dangdut ato lagu soundtrack sinetron. Saya jd inget waktu lagunya Peter Pan yg berjudul Tak Bisakah Kau Menungguku dijiplak sm orang India. Apa reaksi orang Indonesia waktu lagu Peter Pan dijiplak?? Yang mo diusut lah, dilaporin ke polisi lah. Lha itu banyak banget lagu India yg dijiplak sm orang Indonesia, tp orang2 India gak ambil pusing tuh, ga ada yg sampe ribut2 mo nglaporin ke polisi. Heran deh…apakah orang Indonesia udah kehabisan ide yg original??

Lalu keprihatinan saya bertambah lagi ketika melihat adegan2 di sinetron yg sama sekali nggak mendidik. Masa anak kecil udah diajarin saling membenci…bersaing yg nggak sehat. Trus anak2 SD yg masih kecil itu udah diajari utk pacaran. Belum lg sinetron2 anak SMP maupun SMA yg saling bermusuhan, yang saling rebutan pacar. Waduh waduh mau jd apa generasi penerus bangsa ini?? Kapan mereka diajari utk menjadi generasi penerus bangsa kalo tiap hari yg disuguhi adalah sinetron ttg percintaan? Atau persaingan yg nggak sehat dlm rebutan pacar?? Tetep aja ujung2nya ttg percintaan. Belum lagi acara infotainment yg nggak mutu. Iya kalo berita infotainment itu kabar2 kl ini mo nikah…itu mo melahirkan, si ini lg sakit atau hal lain yg informatif. Tp kebanyakan dr infotainment itu adl gosip2 yg ga jelas, beritain yg ini selingkuh, yg ini ganti pacar, yg itu nganiaya si ini sampe2 gara2 si wartawan ingin dapat berita yg eksklusif sehingga kebanyakan para artis ga pny ruang privasi…salahnya sendiri jd artis yah😀 Saya kira skr ini banyak sekali program2 di televisi yg nggak layak utk ditonton, mungkin sedikit banget acara televisi yg bener2 bermanfaat dlm menambah wawasan ilmu maupun dlm hal memperbaiki akhlak. Malah kebanyakan suguhan program televisi yg membuat akhlak semakin jauh dari akhlakul karimah. Ekstrimnya malah memperburuk akhlak. Barusan ini ada ulasan di infotainment yg mengupas ttg ciuman pertama bagi para artis2. Tau kan maksudnya ciuman apa?? Sudah mulai bergeser pandangan orang ttg ciuman. Dulu ciuman itu dianggap tabu dan gak layak ditontonkan di televisi. Tp skr itu adalah hal yg lumrah dan layak utk ditonton. Padahal itu adalah perilaku yg jauuuh banget dari Islami. Apakah ini karena era informasi yg semakin canggih?? Sehingga banyak kultur Barat yg sebenarnya gak layak utk budaya Timur dengan mudahnya diadaptasi tanpa disaring apakan sesuai dg Islam atau nggak.

Hmm makanya teman saya pernah bilang, kayaknya mempunyai anak jaman sekarang banyak sekali godaannya dibandingkan dengan jaman dulu. Skr ini menjadi orang tua harus pandai dan cerdik dlm mengasuh anaknya. Jgn sampai seorang anak yg belum dewasa dibiarin nonton tv sedirian. Orang tua harus ketat mengawasi. Selain itu dr kecil seorang anak hrs dididik agama secara intensif. Supaya dia pny bekal dlm hidupnya sehingga dia tidak akan salah dalam pergaulan. Barusan saya melihat acara final pildacil di Lativi. Subhanallah mereka msh kecil namun memiliki kemampuan yang luar biasa. Semoga semakin banyak generasi penerus spt mereka yg ikut pildacil itu. Semoga mereka tetap mendapat bimbingan dan pengawasan baik dr orang tua maupun guru ngajinya sehingga ilmu agama yg mereka punya dr kecil tidak akan luntur ketika dewasa dan bermanfaat bagi orang lain. Sangat disayangkan apabila mereka tdk mendapatkan pengawasan dr orangtua dan akhirnya ilmu yg mereka punya luntur dan salah pergaulan, naudzubillah jgn sampai hal ini terjadi.

Apakah saya bermimpi jika saya ingin mendapatkan suguhan acara di televisi yg bermanfaat dan bisa menambah wawasan ilmu serta akhlak yg lebih baik?? Bukan malah memperburuk akhlak. Wallahua’lam.

72 Balasan ke Aku Prihatin

  1. Irwan mengatakan:

    Salah mba klo nambah wawasan ilmu apalagi akhlak jgn dari sinetron ataw dari pilem Idonesia ga bakalan ketemu.
    Pilem yg katanya Islami aja ternyata tidak Islami

  2. arul mengatakan:

    iya2… plagiat lagi plagiat lagi.. kalo gak ada tulisan ini… aku gak tau kalo itu jiplakn dari candy2 komik itu.. maklum saya gak suka komik kecuali
    doraemon (komiknya engineer) sama detektif conan(komiknya petualangan)

  3. Agam mengatakan:

    Lalu keprihatinan saya bertambah lagi ketika melihat adegan2 di sinetron yg sama sekali nggak mendidik.

    Sinetron emang gak ada yang mendidik. 99% justru merusak.

  4. Neo Forty-Nine mengatakan:

    Kretifitas orang orang Indonesia memang sudah mati! Terkubur dalam selokan sempit bernama komersialisasi

  5. alle mengatakan:

    duuh,..
    dah hampir sebulan gak liat benda hitam bernama TV!

  6. mybenjeng mengatakan:

    wah tulisan njenengan malah lebih ndramatisir dari pada sinteron lho, he2…

  7. Phira_m364 mengatakan:

    Ceramah sih emang gampang.Tp sikap dan tindakan donk buktiin. Kenapa setiap masalah selalu diliat dari sudut agama, terutama agama Islam, mang agama yang lain ga baik ya?! Percuma aja deh ngaku orang beragama tapi hatinya busuk. Itulah pintarnya orang Indonesia bisanya cuma ceramah(agama). Semua itu lihat donk diri sendiri, jangan bisanya komentar. Kalo kamu pengen nonton yang ga merusak moral, mending matiin aja tuh TV, kan gampang, itu aja kok diambil pusing. Agama terus yang dibawa-bawa. Bagi gw, manusia diliat dari hatinya bukan agamanya.

  8. Phira_m364 mengatakan:

    O ya mending Indonesia bikin sinetron itu aja pengangkatan tentang para TKW dianiaya, diperkosa, disiksa, dll sama orang Arab. Kan bagus kisah nyata lagi. Daripada nyadur, kan diprotes terus. Terus kira2 sikap orang Arab sesuai dengan hukum Islam atau enggak. Dan gw juga pengen tau alasan mereka tu berbuat spt itu, pdhl kan mereka dah punya istri. Orang kayak gtu beragama, tapi kok hatinya spt itu ya?! (aneh bin ajaib)

  9. M_CR7 mengatakan:

    Iya tuh bner, bikin sinet tg TKW Indonesia yang kerja di Arab Saudi. Trs gw jg ada ide, bikin sinet tg itu artis indonesia yang kehidupannya kawin terus, cerai-kawin-cerai-kawin. Publikasi-in alasannya dlm sinet, knp kawin-cerai-kawin-cerai. Sampe bosen deh dengernya dah gtu alasan mereka, inilah, itulah, dah cerai mo kawin katanya ibadah, ibadah tapi menyakitkan banyak orang yaitu anak, istri atau suami, keluarga istri atau kel suami. Alasannya sok agama.., bilang aja doyan (munafik=muka nabi pikiran kotor). Trs ada lagi udah punya istri, pengen lagi, padahal seorang ulama, dan yang dinikahi ce muda, kerjanya ceramah doank tapi tindakannya ga sesuai ama yang diceramahin. Alasannya poligami, sesuai dengan agama. (Ya, semua itu hanya dia dan Tuhan yang tahu).

  10. Daniel Yorick mengatakan:

    Wueleehh… yang keren Soundtrack nya itu….
    Kena banget…
    Awww….

  11. aroem mengatakan:

    Assalamu’alaikum
    waktu saya masih SD saya juga suka mengikuti cerita candy-candy, bahkan saya sempat memiliki komiknya juga walaupun akhirnya komik tersebut entah kemana sekarang.mungkin dulunya sering dipinjam and gak dibalikin lagi. kalo inget waktu nonton kartun candy-candy saya masih kurang ngerti dengan maksud ceritanya. terutama tentang tema percintaan yang ada pada cerita candy-candy. saya melihat bahwa dulu film kartun masih jarang, yang paling saya tonton adalah candy-candy dan doraemon. bahkan sampai usia saya yang dewasa sekarang ini saya masih suka menonton kartun doraemon karena memiliki kenangan tersendiri dengan kartun tersebut. perbedaan yang nyata anak zaman saya masih kecil dengan zaman sekarang memang terlihat jelas. dulu ketika masih kecil jarang ada anak kecil yang berucap-ucap tentang cinta. tapi sekarang dengan maraknya sinetron yang pemerannya sendiri adalah artis yang masih di bawah umur, anak sekarang lebih mudah meniru dan mengikuti sikap bak sinetron yang lagi ngetren sekarang ini. saya terkadang sedih mendengar celotehan anak SD yang bergosip membicarakan masalah cowo atau bertanya: loe dah punya pacar?gw udah dong”. waduh…waduh…mo jadi apa yach anak-anak bangsa ini?! baru-baru ini saya melihat infotainment yang menurut saya beritanya sudah kelewatan. dengan mempertontonkan adegan ciuman sepasang artis yang sekarang lagi banyak digandrungi anak muda. kedua artis tersebut juga bermain bersama dalam film yang juga sempat booming. Naudzubillah…saya sempat kaget melihatnya,apa ini yang dinamakan kebebasan dalam pers sehingga hal yang tabu menjadi layak untuk diperlihatkan didepan khalayak banyak. menurut artis tersebut sah-sah saja melakukan hal tersebut karena mereka berdalih atas dasar cinta! so buat yang punya anak kecil memang harus hati-hati sekali.kalo bisa selektif dalam menonton televisi…saya juga berharap andai saja ada yang membuat film layar lebar bertema islami?mmm mungkin gak yach?!!

  12. aroem mengatakan:

    maaf kalo ada yang merasa tersinggung dengan koment saya. menurut saya semua agama itu tergantung dari penganutnya. mo agama islam,kristen, hindu budha semua itu kembali lagi pd manusianya itu sendiri. kebetulan saja yang membuat artikel ini kan beragama islam. jadi mungkin ada teman yang lain bisa memberi koment dari sudut pandang agamanya?tentang maslah poligami atau adanya ulama yang menikah lagi, kita tidak bisa menuduh bahwa kehidupan orang itu menjadi tidak baik atau hina karena kita sendiri kan belum mengenal atau melihat sendiri kehidupan keshariannya. kalo kita ke tempat pesantrennya subhanallah .kehidupan istri dan anak-anaknya, suasana rumahnya begitu islami. terkontrol dengan baik. lagi pula kok bisa nyambung ke hal poligami and ulama? bukannya temanya tentang maraknya acara yang ga bermutu? jadi untuk temen-temen bisa lebih bijak lagi yach.

  13. M_CR7 mengatakan:

    iya, gw tau.Dan gw tuh sering bangt denger kt2 itu. Menurut agama ini(satu agama) serasa agamis bngt, serasa ngr ini negara agama.Pdlh kan ini ngr pancasila. Itu aja sh pendapat gw. Oya, bukan gw aja tuh yang menilai ulama negatif, pemeluk muslim jg sbg ct tmn gw yang muslim. Dan menurut yg gw tau, blh menikah lg tapi emng tujuan tu nolong, bukan untuk dpake. Kan banyak janda2 tua, yg bisa dnikahi. Tp kok carinya ce muda. Gw kan ga nuduh, gw bilang hnya dia n Tuhan yang tahu. Saran gw jgnlah kita mengombar-ngambirkan agama berlebihan apalagi membawa-bawa agama ke semua urusan.

  14. M_CR7 mengatakan:

    Gw bingung ma lo, pengennya nuansa islami, tujnya biar bermoral. Nah orang Arab nuansa islami tp malah lbh bejad tuh. Udah deh ga usah keagama-agamaan. Biasa aja, kan lbh asyik. Dah gtu ga menimbulkan kesenjangan sosial n kecemburuan sosial. Mending lo diriin aja ngr agama sendiri, kan lo bs bersekutu ma amrozi.

  15. M_CR7 mengatakan:

    O ya gw cm menegaskan juga, “tanpa disaring apakah sesuai dengan agama islam”. bahas candy2 knp bw agama sgl!!

  16. yulia is mengatakan:

    waduh, waduh, kok jadi pada debat kusir sendiri ya??? -no offense-
    keyakinan -agama- itu adalah hal yang amat sangat pribadi dan kupikir bukan buat diperdebatkan di sini. tiap orang kasih pendapat sah-sah aja kok yang penting tidak menyinggung keyakinan yang lain. iya to?
    bukannya sok bijaksana, tapi negara ini udah penuh orang yang cuma pintar berdebat tapi gak ada aksi. capek aja dengernya.
    so kalo emang temen2 merasa prihatin ya kasih masukan ke stasiun tv yang nayangin program-program tidak mendidik itu. soal ditanggapi atau nggak yaaa…..itu di luar kuasa kita. atau berdoa aja supaya yang nggak bener bisa cepet bener, yang bejat bisa cepet insyaf. cara lain yg paling gampang? matiin aja tipinya. selesai deh….
    pendapat aku soal sinet candy2….uumm…apa ya? gak pernah nonton soalnya…hehehe….maklum bukan penggemar sinet.

  17. ICHA mengatakan:

    BAGUS BANGET PAS LIAT CANDY JADI PENGEN NNTN TERUS.APA LAGI PAS LIAT ALDI(KEVIN JULIO)

  18. U.U mengatakan:

    para pemainnya tahu kalo sinetron itu bukan cerita original penulis cerita tapi teuteup aja dengan PEDEnya mo maen…uhhh jd sebelll>.

  19. U.U mengatakan:

    tapii…yahhh…lumayanlah…bwt mlepas rindu mengenang anime candy2 dlu..
    anggep aja nonton candy2 meski ga da jerwtnya…hihihihi

  20. masdhenk mengatakan:

    @M_CR7

    walah… pancasila itu apa seh????
    kok gak pernah tau aku…

    kok mlenceng2 ke agama2 segala? arab2 segala?, emang arab itu islam semua apa mbak?lha wong yg punya blog pinginnya gitu, ya biarin to, wong blog blognya sendiri.
    kalo sampeyan gak setuju, bisa mbuat ping back dan nulis review sinetron dg nuansa sampeyan sendiri… gitu aja kok repot…
    kalo aku sih emang gak punya tipi dan gak suka sinetron

    sering ke arab ya?🙂 apa katanya?
    titip onta dong!!

  21. Ali S Kholimi mengatakan:

    Kok banyak diskusi nggak sehat nih. Apalagi ada pernyataan kalau nggak suka televisi, matiin saja. Kalau dibalik? Kalau nggak suka isi blog ini, tutup saja browser-nya. ;))

    Btw, mbak, paragraf 1-2 dengan 3 masih nyambung. Tentang penjiplakan kan? Kalau sama paragraf selanjutnya kok aku gak nyambung sama sekali ya? Apa karena aku gak pernah lihat Candy-Candy ya? Juga gak pernah lihat sinetron Candy.

    Apakah maksud mbak, dalam hal ini, menurut mbak, Candy-candy lebih bermoral daripada film candy? Tentunya tanpa menyinggung perbedaan definisi level moral antara saya dan mbak.

    Ma’af, karena gak pernah nonton keduanya.

  22. elif ardian mengatakan:

    aku suka banget ama sinetron candy,soalnya ceritanya buat nangis semua keluargaku yang lagi pada nonton.sinetron ini juga ngingetin aku sama my soulmate yang ada di smp….!

  23. SURYA CHRISTIAN HALIM mengatakan:

    WEWWWWWW TAU ALAMAT RUMAHNYA NIMAZ GA AKU NGEFANS BANGAT NIEHHHHHHHH

  24. M_CR7 mengatakan:

    Masdenk, SD-nya ga lulus ya…, masa Pancasila aja ga tau. Hidup dijaman apa ya lo. Aneh banget, Dasar negara sendiri aja ga tau. Lagian ini kan udah demokrasi, ya bebas donk buat nyampein pendapat. Lo kalo mo berpendapat silakan aja, knp lo ngelarang-ngelarang gw sgl. Ga baca ya pasal 28 UUD 45, yang belum direvisi. Ngapain gw ke Arab, mank nya gw kurang kerjaan, kl duit gw banyak mending gw ke Eropa gitu lho. Terus lho ini kolot atau gmn sih, gw tuh dapat informasi tg TKW yang disiksa di Arab, ya dari berita diTV, koran, internet. Lu ini gmn sih, kerja-nya tidur ya terus ya, mknya informasi itu ga tau. Oya satu lagi mank lo pernah denger orang Arab ke wihara atau ke gereja atau ke Pura. Mending lho belajar deh ilmu pengetahuan yang banyak, kayaknya lo ini ya sedikit gmn gitu (…..).

  25. the23wind mengatakan:

    mau gak mau indonesia ini nge_jiplak (*terpaksa* mode on), abiz masyarakatnya suka yang jiplakan juga sich..tapi saya lebih prihatin ma sinetron2 yang bintangnya masih cilik, udah jadi pemeran utama yang pake pacar2an, sayang2an, peluk2an, cipika cipiki…huuuhhh, capee dechhh…kacian kan adek adekku yang seumuran mereka…

  26. Lintang mengatakan:

    @mybenjeng
    Tulisan sy mendramatisir? Sy kira nggak kok, komentar dr mbak aroem jg sy kira sependapat. Ato komentar the23wind sy kira jg sependapat.

    @ Phira_m364 & @M_CR7
    Sebenarnya sy menulis ini krn sy prihatin dg acara2 di tv yg g mendidik plus banyaknya plagiat saat ini tanpa menyebut sumber aslinya. Sudah sy bilang diatas “Kalopun njiplak dan mengakui kalo itu adalah hasik jiplakan sih mending.” Sy gak menjelek-jelekkan sinetron candy, jg sy g bawa2 agama bahas sinetron candy. Cm yg sy sayangkan knp kok produser ga menyebutkan sumber aslinya dr mana. Mgkn anda yg g bs melihat inti dr tulisan saya. Sebenarnya bukan hny sinetron candy tp banyak banget sinetron lain cm disini sy menyebutkan satu judul. Mau sy sebutin semuanya? Sebenarnya tulisan di paragraf 4 itu sdh ga ada kaitannya dg sinetron candy. Maksud tulisan sy itu tayangan sinetron2 di tv, jd bukan hny candy doang. Trus menyinggung ttg agama, kebetulan sy beragama Islam selain itu bnyk banget sinetron yg latar belakangnya adl Islam namun sy liat ga sesuai sm Islam. Sy g bilang kl agama selain Islam itu buruk atau jelek. Sy ga tau gmn adat dan budaya barat menurut agama lain. Jd ga ada sangkut pautnya sm orang2 arab atopun poligami. Sebenarnya islam itu agama orang arab?? Salah besar. Islam adl agama utk semua suku maupun bangsa. Orang arab sendiri pun ada jg yg ga beragama Islam. Walopun mayoritas beragama Islam tp g menjamin kelakuan mrk sesuai dg tuntunan islam. Sy g akan membahas ttg agama disini. Kl g suka sm tulisan saya ya udah ditutup aja browsernya, g usah menjelek2kan agama orang. Sampe melenceng sekali komentarnya. Kalopun anda mau bikin sinetron tv ttg TKW yg kerja di arab Saudi ya mangga silahkan, ato ttg kehidupan artis yg kawin cerai ya mangga silakan. Silakan ditawarkan ke produser yg mau bikin sinetron. Ok.

    @Ali S Kholimi
    Sebenarnya paragraf 4 dst itu sudah nggak ada kaitannya dg candy. Maksud tulisan sy adalah sinetron2 yg ada di tv. Jd bukan hny candy doang. Jd sy nggak membandingkan pesan moral antara sinetron candy dg komik candy. Sy hanya menyayangkan knp kok produsernya ga mencantumkan sumbernya dr mana. Mungkin jalan ceritanya sih hampir sama cm di sinetron ini ditambahi adegan2 lain. Paragraf 4 dst itu membahas ttg adegan2 sinetron di tv yg menurut sy ga mendidik. Jd bukan hny sinetron candy tp sinetron lain yg ditayangkan di tv. Ato mungkin sy g bs membuat tulisan yg baik ya shg bnyk yg salah sangka. Betul jg saran dr mas kholimi. Kl g suka tulisan saya, mending ditutup aja browsernya, ok.

    @the23wind
    Saya jg prihatin mbak. Mereka yg masih kecil udah dikarbit utk main adegan dewasa. Skr ini mereka yg dibawah 15 th udah beradegan layaknya org dewasa.

  27. M_CR7 mengatakan:

    Gw kan hanya memberikan kritik dan saran.

  28. laksono mengatakan:

    saya putuskan untuk tidak punya TV dan berhenti liat TV deh😀

  29. masdhenk mengatakan:

    @M_CR7

    Masdenk, SD-nya ga lulus ya…,

    hahahaha… emang saya gak lulus mas,karena gak apal PANCASILA dan UUD,
    tau gini saya belajar ke mas, biar pinter memberi komentar dan kasih saran di blognya orang….

    Oya satu lagi mank lo pernah denger orang Arab ke wihara atau ke gereja atau ke Pura. Mending lho belajar deh ilmu pengetahuan yang banyak, kayaknya lo ini ya sedikit gmn gitu (…..).

    aseli ngakak baca komentar mbak….

    apalagi yang ini :

    Gw bingung ma lo, pengennya nuansa islami, tujnya biar bermoral. Nah orang Arab nuansa islami tp malah lbh bejad tuh. Udah deh ga usah keagama-agamaan. Biasa aja, kan lbh asyik. Dah gtu ga menimbulkan kesenjangan sosial n kecemburuan sosial. Mending lo diriin aja ngr agama sendiri, kan lo bs bersekutu ma amrozi.

    huahahahaha….
    no comment, ntar malah dikira lulus sarjana aku [padahal gak lulus SD karena gak apal PANCASILA]

    piss…

  30. M_CR7 mengatakan:

    to, masdenk…, panteslah kalo mank ga lulus SD, susah mank kalo ngomong sama org kolot. Cape deh debat sama orang yang otaknya nihil. OK !

  31. Thamrin mengatakan:

    Sebenarnya kalau mau mengumpulkan beberapa teman yang se-ide, kita bisa mengumpulkan fakta plagiat ini dan menggugat stasiun televisinya. Karena yang buruk adalah kinerja stasiun televisi tersebut untuk mensortir jenis tayangan yang akan disuguhkan kepada masyarakat. Sama dengan sinetron-sinetron horor dan mistik yang “ngibul” itu.
    Bisa diajukan class action kok, karena tv kan menggunakan ranah publik. Ada UU-nya. Sayangnya komisi penyiaran nggak peka dengan soal-soal ini. 🙂

  32. joesatch mengatakan:

    sedih…
    di rumah ndak punya tivi…

  33. aroem mengatakan:

    kalo diliat dari film kartun ma sinetronnya,dialog di sinetronnya terlalu didramatisir.candynya juga nangis mulu.setau aku di kartunnya candy itu gadis yang sangat ceria walau banyak rintangan.

  34. aroem mengatakan:

    waduh mas joesatch….sampean ojo nelongso. ra po2lah ra ndwe tv.

  35. aroem mengatakan:

    masdhenk
    wah..wah…hebat banget ya sampean. ga lulus SD iso browsing internet. yakin tuch mas? sampean ga lulus SD..he..he..he..

  36. M_CR7 mengatakan:

    Saya, sih mau aja yach nawarin ke produser tg ide saya. Tapi entar saya didemo lagi, sama kaum muslimin, ya maklum aja mentang2 mayoritas, apa-apa demo (keroyokan), seperti inul yang di demo habis-habisan oleh orang-orang yang merasa dirinya suci dan beragama (untung yang di demo se-umatnya sendiri), disangka saya merusak citra agama mbak…, pdhl kan kenyataan. Ya syukur2 ada yang berani ngajuin ide saya itu, dan bisa membedakan mana yang suci, mana yang enggak.

  37. masdhenk mengatakan:

    @aroem
    hahahahaha… gak lulus SD mas, karena gak apal PANCASILA ma UUD [kt yg diatasku sich]….
    hahahahahaha

    sorry, buat yg punya blog, aku mau kasih komentar nih lagi ma yg gak punya URL nih
    @M_CR7
    mas/mbak/pak/
    apa ya laku to ide sampeyan…???
    lha wong kasih koment aja gak nyambung… dan gak bisa dibaca ma anak SD [gak lulus]
    hahaha…

    mbak/mas yg pinter,
    agama islam itu bukan identik dengan arab,karena di arab tuh banyak juga yg menganut kristen, yahudi, katolik, bahkan ada yang atheis…
    jadi sangat “pinter” jika anda mengaitkan bahwa arab=islam

    anda harusnya juga harus agak sedikit paham, bahwa komennya kan untuk maslaah
    sinetron apa itu, kendi kendi ato apalah,yg dilihat ma yg empunya blog gak sesuai dg apa yg dia anut, tapi kemudian anda misuh misuh, marah marah ke yg punya blog, “kenapa kok dikit2 dikaitkaitkan dengan agama”?…
    lha itu kan terserah empunya to? mau nulis sesuai agamanya kek, sesuai wangsit nenek moyang kek,
    klo gak suka, buat aja blog dewe, dan cuap cuap disana, dan jangan lupa, tutup window ini dulu..hehe

    udahlah, secara saya gak lulus SD karena gak apal Pantjasila, cuman segitu ilmu saya

    satu lagi mpok..
    piss ..dan jaga kedamaian hati…

    jangan marah marah terus..🙂

    buat yg punya blog :
    hehe lumayan menambah thread kan ini??
    hehe

  38. M_CR7 mengatakan:

    @masdenk : lha lo sendiri juga ngaku kan, rupanya anak SD dah dapat ilmu yach?! biasanya anda no koment terus. Lha apa salah saya mengkritik, kan saya sudah tekankan spt yang tertulis pada pasal 28, kalo wn indonesia berhak mengemukan pendapat (kritik dan saran), napa lo nyak sewot. Memang ada, yang beragama non Islam, tapi yang mayoritas agama naon (masdenk)! You know…..

  39. M_CR7 mengatakan:

    O ya, masalah ide gw, laku atau tidak laku, itu blm dibuktikan. Tau. Jadi jgn asal ngebacot aja. Ya, mungkin kl yang nonton spt orang spt lo, ya ndak ngerti. (Iya kan).

  40. aroem mengatakan:

    masdhenk
    ane cewe or akhwat or girl bukan mas or ikhwan or boy..he..he…

    kayanya ada yang mo bikin rusuh di blog ini nich??
    mengkritik boleh…tapi obyektif ye.jangan asal cuap-cuap gak karuan.

  41. Bismillah ga Di Band mengatakan:

    @ Phira_m364….

    kayak dah pernah liat TKW korban disiksa, dengan mata kepala sendiri aja, pernah liat mayat TKW di edel edel di otopsi belom?? dah pernah liat mayat TKW jatuh bunuh diri dari lantai 9 dengan muka rata?? kalo belom jangan komen yang sok tau begitu…..

    @ M_CR7….

    orang koq komentar neko-neko, kalo ga bisa berbuat cuman komen doank mbok meneng wae……gitu aja koq repot!! Ngik Ngik

  42. masdhenk mengatakan:

    yuhuuuu..
    thread nya makin panjang…

    sip sip…..
    @semua
    maaf tuk semua bila ada kata yg menusuk, karena itu mungkin saya sengaja [buat yg merasa pinter dewe]🙂
    bila ada ketenangan di hati, akan damai di bumi…
    tebarkan senyum, bukan permusuhan…
    apalagi ini yang punya blog lom nongol…hehehehehe…..

    salam dari kaki gunung lawu

  43. aroem mengatakan:

    yang punya blog mana yah??… mba lintang…mba lintang…nongol donk….kok nongol??? yah ketularan masdhenk nich!!!

  44. Lintang (males login) mengatakan:

    *kipas-kipas, sambil menyanyi-nyanyi*….thread makin panjang nih. apalagi masuk di top post from around WordPress.com, walopun di urutan terakhir hehe…

    @aroem
    aku udah nongol nih…

    @mas dhenk
    mangga mas diteruskan, biar thread makin panjang😀

    @semua
    btw sy mo dines keluar kota, jd kl g nongol2 ya mangga silakan menikmati tulisan saya…hehe…kl g suka ya silakan ditutup browsernya…piss…

  45. ukhtiaroem mengatakan:

    eh iya ni aroem,pake ukhti coz i’m a girl (ukhti dlm bahasa ind :saudariku).

  46. M_CR7 mengatakan:

    @Bismillah ga Di Band
    Oh, penting ya mesti lihat dengan mata kepala sendiri. Berarti selama ini berita2 yang dtv ngeboongin kita donk (kacian banget deh) yang nyiarin, dah kerja cape2 tapi si @Bismillah ga Di Band tidak menghargai pekerjaannya, dan gw disuruh cari tau sendiri (gmn kale, ya da lah tar gw coba melamar pekerjaan jadi wartawan pencari berita para TKW yang di siksa). Trs buat apa selama ini berita2 ditv disiar, kalo bukan buat informasi ke yang nonton.

    Lha wong tetangga saya aja ada yang dihamili secara paksa, ama majikan di Arab Saudi. Apa itu bukan bukti. Sudahlah disangkal (lha wong kenyataan). Apa lo pengen cr tau sendiri kenyataan. Silahkan atuh. Buat saya ga penting gtu. Memang saya bisa koment doank, dan berdoa dlm hati, supaya orang-orang Indonesia jangan lagi kerja di Arab Saudi, kalo hanya untuk diperlakukan spt binatang. Dan berdoa supaya orang2 yang menyiksa segera sadar (ga malu apa ama negara yang terkenal sbg tmpt suci). Kalo pun saya ngeliat secara langsung, saya mah ga tega, ya mungkin anda menyruh saya melihat saya langsung krn hati Anda terbuat dari besi, bangsanya sendiri disiksa aja Anda tak iba. Malah Anda mengganggap mereka sebagai tontonan. (Aneh)

  47. M_CR7 mengatakan:

    NB: Sudahlah jgn disangkal

  48. masdhenk mengatakan:

    @ atasku

    hehehehe…
    silakan tebar…(tebar tebar komen, entah mutu entah gak, terserah anda)
    hehehe… thread makin panjang…

    @lintang
    kipasnya beli di koperasi mana? jangan kurang dari 6ribu lho🙂

    @aroem …
    nah, klo pake embel2 ukhti, gak akan kena sebut “mas”

    whe lha dalah, kok malah pagi pagi saya kayak yg punya blog, kasih komen ke semua komentator…
    “ngapunten nggih” buat yg punya blog

  49. M_CR7 mengatakan:

    thanks deh buat masdenk da memberi kesempatan, saya bukan cari mutunya, tp realita yang berbicara. Tapi puas juga ngutarain isi hati yang sesuai dengan kenyataan terjadi ya, walaupun dibilang tidak bermutu. Ya mungkin, yang tidak sependapat sama saya, mungkin malu kali, sama tindakan2 yang dilakukan sama orang2 yang seimannya. Ya buat apa malu, wong salah, kok masih digubris.

    Wong ada tv kok saya disuruh melihat sesuai dengan mata kepala saya sendiri, memangnya saya polisi apa, suruh otopsi segala. Yang mengotopsi tuh dah ada yang bertugas (tahu…). Lha wong salah masih aja mungkir, ya ini lah itu lah (Bilang aja malu, malu tuh). Makanya kalo nonton tv, jangan hanya sinetron doank, berita juga ditonton gtu, biar Anda tahu, saya tahu karena saya nonton berita, dan saya ga asal ngebacot tuh. Ga mungkin kan berita dibuat2 dan dijiplak (Emangnya sinetron).

    Ya kalo ga punya tv, kan berita bisa dibaca dkoran, atau kl ga punya uang buat bli koran, tidur aja deh.

  50. ðH!R4 !MÖ3T mengatakan:

    hu..
    hu..
    hu..
    aða yg pny fto or no hp ny kevin julio g?aq nge fans bgt sma dy!!umur brp sih dy?skulny dmn sich dy?ho..ho..
    k4s!H K4ß4r y4!!
    k fs Q di dhira imoet,,ftony gu2k putih.ato g d mail Q di blinxy_cbkqu@yahoo.co.id
    Ý4Ý4Ý4Ý4Ý4Ý4Ý4Ý4Ý4Ý4Ý4Ý4Ý4Ý4Ý4 !!
    ð!TÜN66Ü Ý4PH!

  51. masdhenk mengatakan:

    @M_CR7
    waduh, anda mbak pa mas sih yah…
    betewe…

    saya liat komentar komentar anda kok gak nyambung, provokatif dan mungkin juga gak mutu lho…🙂

    klo mbahas agama orang lain, silakan, tapi bukan disini pak,
    dan agama islam, kristen, buda, konghucu itu gak bisa anda lihat sebagai suatu bentuk sempit dari kelakuan para penganutnya…

    (contonya) jadi anda gak bisa menggeneralisir bahwa kalo agama :
    1.agama islam itu agamanya para TKI, agamanya orang jawa, dsb, karena anda melihat bahwa kebanyakan TKI dan orang jawa agamnya islam

    2.wah, ternyata, yang sering suka bawa indomie itu agamanya kristen, itu juga gak benar, karena gak semua orang kristen menyebarkan agamnya dg beras dan indomie

    3. wah, agama itu kok gitu yah, pemuka agamanya kok dg wanita, yg akhirnya telah dtemukan terbunuh di hotel, tapi dia malah kabur…

    jadi..
    STOP.. mengaitkan agama dan memandanganya dg sempit, apalagi anda dg serta merta, menelan mentah mentah informasi yang ada di tv/internet yang membenarkan, yang mengabarkan bahwa si A adalah teroris, si B orang terhormat…
    semua media massa, semua saluran informasi, jarang yang independent,
    mereka minimal akan seperti kerbau dicocok hidungnya bila berhadapan dengan pemegang modal, pemlik media tersebut….

    jadi…
    lebih bijaklah bila memberi komentar, berbicara dan memandang sesuatu
    sehingga nantinya, di hati kita, gak ada syak wasangka terhadap orang lain, terhadap siapapun…
    sehingga hidup anda tanpa ada was was, selalu bahagia dan mempunyai banyak teman…
    tidak enak hidup dengan prasangka buruk..

    bersihkan hati, luruskan langkah, dan benahi diri kita dulu…

    maaf bila tidak berkenan..

    dan
    @lintang
    sorry, nambahi thread lagi, biar masuk top post hari ini ya..
    🙂

    salam damai dari gunung lawu

  52. M_CR7 mengatakan:

    Lha kalo Anda tidak setuju dengan pendapat saya ya sudah, saya hanya berbicara menurut informasi yang ada (perbuatan spt itu tercela atau tidak). Nyak penting kenyataannya, bukannya pendapat Anda yang menurut saya tetek bengek. Ya beda pendapat wajar saja kan. Saya ndak berprasangka buruk, lho apa yang saya tulis sesuai dengan fakta tanpa menambahkan atau mengurangi.

  53. masdhenk mengatakan:

    nambah thread lagi🙂

    @M_CR7

    Lha kalo Anda tidak setuju dengan pendapat saya ya sudah,

    nah gitu kan bagus,,gak perlu mengeluarkan kelulusan SD buat saya segala, hahahahah 🙂

    Saya hanya berbicara menurut informasi yang ada (perbuatan spt itu tercela atau tidak). Nyak penting kenyataannya,

    dan poin yang penting, anda menulis fakta, itu benar,
    tapi, fakta jangan untuk pembenaran opini generalisir anda yang {maaf}ngawur

    lah, klo kemaren, di tempat saya ada dua orang [kebetulan] kristen
    ketangkep basah maen sex di di tengah jalan, jam 10 pagi, di dalam mobil jazz, di pinggir jalan, deket RSU, trus ketahuan ma pemungut sampah, masuk koran, masuk detik.com,

    apakah serta merta saya harus membawa hal hal seperti itu untuk pembenaran, bahwa agama tersebut itu jelek dsb karena kebetulan yang bersangkutan beragama kristen? kan tidak kan?
    …jadi jelas , orang kristen marah dong, kalo saya mengutarakan hal tersebut kepada temen kristen, dan mengaitkannya dengan agamanya…,

    udah jelas belum pak??

    saya hanya berbicara menurut informasi yang ada (perbuatan spt itu tercela atau tidak). Nyak penting kenyataannya,

    jadi itu aja pointnya, gak usah ngalor ngidul gak karuan

    saya gak akan menanggapi komentar anda lagi,

  54. M_CR7 mengatakan:

    Ya sudah…, napa Anda menanggapi komentar saya. Saya bilang perbuatan yang Anda contohkan tercela. Tapi apa mereka yang bersex mengatasnamakan agama. Yang saya maksud disini adalah orang yang mengatasnamakan agama demi kepentingan dirinya sendiri (negatif). Gtu. Ada lagi. Kan saya dah jelaskan pada bagian yang pertama saya tulis. OK!. Mau balas lagi ndak.

  55. masdhenk mengatakan:

    oh ya, salam damai dari kaki lawu
    selalu tebarkan senyum di mulut dan hati kita

  56. M_CR7 mengatakan:

    Habis ya kesabarannya. Bikin saya ketawa. Pasti dalam hatinya Anda berkata (Cape deh)! Tapi enak juga jd semakin seru. (Emangnya pertandingan bola). Lucu.

  57. M_CR7 mengatakan:

    Jadi kangen pengen nonton Manchester United. Terlebih kangen ama C. Ronaldo yang gantenk itu.

  58. M Shodiq Mustika mengatakan:

    Pendaftaran Top-Posts periode Mei-Juni 2007 telah dibuka. Silahkan daftarkan postingan Anda pada kategori yang sesuai. Lihat http://muhshodiq.wordpress.com/2007/07/06/pendaftaran-top-posts-mei-juni-2007/

  59. M_CR7 mengatakan:

    Aduh sedih banget nih kalo ga ada yang tayangin EPL. Gw kan kangen bangt sama C. Ronaldo. Dah gtu banyak banget nih perubahan2 di EPL. Gimana Arsenal tanpa Henry. Liverpool dengan Torres. Chelsea yang tak membeli pemain yang besar2an. Juga my favorit is The Red Devil,s dengan pemain barunya seperti : Nani, Anderson dan Owen Hargraves. Denger2 si Teves juga mo ke MU. Ayo donk Trans7, tayangin lagi EPLnya. Dari pada gw nonton sinetron2 jiplakan yang ga bermutu. Please.

  60. M_CR7 mengatakan:

    Kesel!!!Banget. Kesabaran gw ada batasnya. Pagi-pagi gw berangkat ke kantor. Gw ke kantor naek busway, ya biasalah kalo naek busway pasti selalu berdiri, ketika didepan gw ada yang mo turun, trs gw dah mo duduk di tempat duduk yang orang itu mau turun. Dan gw siap-siap mo duduk, sedikit pantat gw dah mo ke arah tempat duduk. Eh, langsung nyamber deh tuh si orang berjilbab. Bagaimana gw ga kesel, tuh orang berjilbab tapi egois banget. Gw ga akan sekesel ini kalo orang yang ngerebut jatah tmpt duduk gw, bukan orang berjilbab. Ya memang setiap manusia itu memiliki sifat egois, tapi ini kan orangnya berjilbab, hati sama kepala ga harmonis. Egois banget. Ada lagi kenapa ya setiap asal ketemu orang berjilbab kebanyakkan egois, bukan gw aja sih yang ngerasain tapi nyokap gw jg gitu. Malah pernah nyokap gw ngeliat di daerah Tangerang ngeliat orang berjilbab diseret-seret polisi karena pengedar. Aduh mending gak usah berjilbab kalo cuma kedok, malu tuh ama jilbabnya. Kalo pas ngantri di busway maen asal nyerobot lagi, cape deh. Katanya pake jilbab biar tambah soleha, boro2 tambah soleha, tambah egois iya.

  61. Gugun mengatakan:

    ya emang. makanya kagak usah nonton sinetron aja dech. kalo sinetronnya ga bener, namanya ga mendidik. kalo sinetronnya bener….ah, itu kan cuma sinetron! hehe…
    silaturrahim sm ane donk, klik http://www.gugundesign.wordpress.com, cu..!

  62. Gugun mengatakan:

    dont 4get!

  63. B Ali mengatakan:

    Pertanyaan: Apakah Islam agama teroris?
    Jawaban: Tidak ada agama yang mengajarkan umatnya untuk menjadi teroris.

    Tetapi, di dalam Al-Qur’an, ada banyak sekali ayat-ayat yang menggiring umat untuk melakukan hal-hal yang tidak manusiawi, seperti: kekerasan, anarki, poligami dengan 4 istri, anggapan selain muslim adalah orang kafir, dsb. Sikap-sikap tersebut tidak sesuai lagi dengan norma-norma kehidupan masyarakat modern.

    Al-Qur’an dulu diracik waktu jaman tribal, sehingga banyak ayat-ayat yang tidak bisa dimengerti lagi seperti seorang suami diperbolehkan mempunyai istri 4. Dimana mendapatkan angka 4? Kenapa tidak 10, 25 atau bahkan 1000? Dalam hal ini, wanita tidak lagi dianggap sebagai manusia, tapi sebagai benda terhitung dalam satuan, bijian, 2, 3, 4 atau berapa saja. Terus bagaimana sakit hatinya istri yang dimadu (yang selalu lebih tua dan kurang cantik)? Banyak lagi hal-hal yang nonsense seperti ini di Al-Qur’an. Karena semua yang di Al-Qur’an dianggap sebagai kebenaran mutlak (wahyu Tuhan), maka umat muslim hanya menurutinya saja tanpa menggunakan nalar.

    Banyak pengemuka muslim yang berusaha menafsirkan ayat-ayat Al-Qur’an supaya menjadi lebih manusiawi. Tapi usaha ini sia-sia saja karena ayat-ayat Al-Qur’an itu semuanya sudah explisit sekali. Sehingga tidak bisa ditawar lagi. Disamping itu, pemuka muslim atau siapa saja yang coba-coba memberi tafsiran yang lebih manusiawi tentang Al-Qur’an pasti mendapatkan ancaman terhadap keselamatan fisiknya.

    Jadi umat muslim terjebak.

  64. Bella Shaffira Putri mengatakan:

    Sinetron ini mirip bgt sama komik Candy-candy.Tapi,kalau di sinetronnya,Kevin Julio ganteng bgt.Aq kalau ketemu Kevin Julio,aq minta supaya dia jadi pacar aq……….

  65. aroem mengatakan:

    he..he..krg cerita candy2 nambah aneh aja…ngalor ngidul ga karuan.krg bulan ramadhan ikut2an ramadhan pula.ya weslah buat fariasy cerita kali yak?

  66. rizki alhaddad mengatakan:

    semuanya tlg jangan menghina agama islam omongan dia tuh bener dia cuma ngasih tau , jadi klo situ nggak suka jng ngehina agama,dan asal kalian tau orang yang membuka aurat nya di dpn umum itu dilaknat allah,rambut itu termasuk auratnya prempuan,dan klo kalian nggak percaya klian bisa percaya klo kalian sudah menghadapi sekarat,asal kalian tau dunia ini akan kiamat karna tanda2x nya sudah terlihat skrang. tlng kalian pikirkan agar kelak tdk menyesal

  67. haidar mengatakan:

    waw waw waw… koq jadi pada berantem… ide awalnya kan buat kritik2 sinetron yang ga mendidik dan plagiat, tapi koq larinya ke agama… saya sh pngennya ga usah ada provokasi yah. agama itu hak tiap orang dan terlalu suci buat diperdebatkan karena semua agama intinya mengajarkan kebaikan. key? jadi ga sah rah marah lg ya…

  68. elif ardianuril mengatakan:

    kamu kok ganteng banget sich kevin?oh iya aku minta email kamu donk?ya aku pingin kenalan aja ama kamu

  69. elif ardianuril mengatakan:

    peran kamu bagus banget waktu ada di sinetron candy.rasanya aku tuch baru ngelihat akting paling bagus ya ada di kamu doang .upps jangan gr loch y.oh ya kamu udah punya pacar blom?aku mau daftar donk?……………………..

  70. aeLmha febRianTy,,CR mengatakan:

    hi..kevin aku aeLmha mau doOnkz foTowx!!!!
    biZx akuw ngefanZz bgT ma kmuW,,kLo bz skLIan deh ma aLamatx juga byaR bz kiRim2an suRaT……..

    Bye………………………………

  71. Zie mengatakan:

    AdA y9 tahu no hp Kevin jUlio nga’ or almt FS nx ? E-mail Ke aq dOnKz ! Di mr5i3@yahoo.com

  72. Nisa mengatakan:

    I want Foto Kevin!!
    Tlong Dong!!
    if can and number hpx ok!!
    FS Aq nieh “Nar_Nisa@ngel.Nice

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: