Back To Campus Part II

Ini lanjutan dari tulisanku Back to Campus part I. Kenapa kubikin jadi 2 karena kalau dalam satu halaman kelihatan panjang banget, pasti banyak yg malas baca hehe. Kalau mau baca silakan dilanjut.

Keesokan harinya aku berencana ke Gresik untuk mengunjungi saudara perempuanku. Jadi aku janjian sama mas iparku ketemuan di ITS sehabis dia pulang kuliah. Pagi-pagi barengan cici berangkat kantor aku langsung ke ITS naik angkot. Sambil menikmati perjalanan aku memperhatikan sekeliling. Ternyata nggak banyak berubah cuma ada beberapa toko yang baru kulihat. Jalan Dharmahusada, Jalan Kertajaya semua masih sama. Aku sengaja turun di Gebang Putih soalnya aku pengen melihat-lihat keadaan Gebang setelah 2 tahun aku nggak kesana. Begitu turun dari angkot dan mulai jalan kaki menuju ITS, aku terheran-heran. Jauh berubah dan banyak banget toko-toko yang dibuka. Entah itu warnet, tempat fotocopy, warung ataupun tempat jual pulsa. Semakin padat dan rame. Banyak bangunan baru, ya mungkin itu kos-kosan. Ada juga kos-kosan yang direhab dan banyak juga masih seperti yang dulu. Dulu aku kos di gebang lor. Ketika melewati depan kos-kosanku yang dulu aku sengaja memperlambat jalanku. Ternyata tokonya masih buka dan kulihat tokonya sepi. Mungkin ibu kos ada di dalam rumah. Aku kepengin mampir tapi aku merasa sungkan dan malu halah hari gini masih malu-malu, akhirnya aku cuma lewat aja. Kelihatannya keadaan kosku tidak banyak berubah. Aku meneruskan perjalanan sampai aku melewati depan kos-kosan bekas tempat kosnya kakakku laki-laki. Sekarang gang-nya sudah pavingan. Bahkan pekarangan di samping gang itu sudah tidak ada dan diganti menjadi jalan lebar sebagai pintu gerbang menuju perumahan. Wah berubah banget deh, kuburan di dekat sungai itu pun sekarang dipagar tinggi. Warung Kita masih ada dan masih seperti yang dulu. Kalau warung Asri sekarang sudah nggak ada, udah ganti pertokoan atau mungkin warnet, aku agak lupa. Yang masih bertahan adalah depot muslim dan warung pondok bambu. Cuma kayaknya warung pondok bambu jd lebih sempit.

Karena belum sarapan, aku memilih masuk ke depot muslim dan memesan nasi dengan lauk ayam suwir dan terong. Memang disini ini yang khas adalah ayam suwir-nya. Hmm rasanya masih aja lezat seperti 2 tahun yang lalu. Seneng banget rasanya bisa makan disini lagi. Walaupun sendirian namun aku menikmatinya. Selesai makan, aku langsung menuju kampus ITS. Sebenarnya pengen mampir ke jurusan, namun aku inget kalau temenku yang jd dosen di SI skr lg ambil S2 di luar negeri, jadi aku langsung aja menuju masjid manarul ilmi. Kayaknya di Graha lagi ada acara soalnya bertepatan dengan Dies Natalis ITS. Menyusuri jalan menuju masjid, aku jd teringat 7 tahun yang lalu ketika pertama kali aku menginjakkan kaki di ITS. Waktu itu ada acara welcome party kajian jurusan yang diadakan di masjid. Waktu itu aku bersama dengan Aini. Kami sama-sama nggak tau dimana letak masjid, jd kami mengira kalau graha ITS itu adalah masjid. Kami berjalan menuju arah graha dan hampir sampai sana kami tanya ke orang dan ternyata arah kita adalah salah. Mengingat masa itu aku jadi kangen sama teman-temanku dan masa-masa ketika masih menjadi mahasiswa. Sekarang aini sudah hampir memiliki 2 orang anak. Banyak juga teman2ku yang sudah memiliki anak. Ya kalo aku sih mungkin termasuk segelintir yang lagi nunggu giliran hehe emangnya ngantre apaan.

Sampai di masjid, ternyata masjidnya lagi direnovasi untuk diperlebar. Kayaknya waktu itu nggak ada kegiatan tukang bangunan,mungkin karena hari jumat kali ya. Di masjid kulihat ada beberapa mahasiswa yang lagi istirahat di luar masjid. Ada yg dudukan, ada yang tiduran. Mungkin mereka lagi istirahat sambil nunggu jam kuliah. Ada juga yang lagi beribadah di dalam masjid. Aku nggak langsung ke masjid karena aku melihat ada yang janggal. Ternyata tempat parkir sepeda motor di dekat masjid sekarang sudah nggak ada. Sebagai gantinya adalah tempat parkir mobil dan disekitarnya ditanami pepohonan sehingga kesannya rindang. Sementara halaman lebar yang pasti dilalui ketika menuju SAC (tempat mahasiswa nyari lowongan kerja) sekarang menjadi tempat parkir. Rupanya tempat parkir diganti disana. Jadi tempat parkir mengambil lahan sebelum gedung SAC dan gedung yang dulunya adalah M-Web (warnet yang sekarang nggak dipakai lagi). Oh ya sekarang jalan yang biasanya aku lalui ketika menuju gedung UKM sudah nggak ada. Disana sudah dibangun sebuah gedung namun aku nggak tau fungsinya apa😀 Gedung UKM pun skr kayaknya sudah nggak dipakai lagi. Kelihatan kosong dan nggak terurus. Jadi aku mampir dulu ke SAC sambil liat-liat lowongan kerja. Jadi inget aku dulu sering ke SAC waktu habis lulus kuliah utk nyari lowongan kerja. Kalau aku melamar kerja yang dipajang di SAC pasti seringnya aku dipanggil utk ikut tes atau wawancara. Namun setiap aku melamar kerja dr koran, nggak ada satupun dipanggil padahal udah nggak keitung berapa banyaknya lamaran kerja yang kukirimkan  Ternyata skr pun msh banyak mahasiswa maupun alumni yang nyamperin SAC. Bahkan temenku yang dr universitas lain pernah cerita kalau dulu sering jg datang ke SAC. Kemudian aku lewat base campnya pramuka kemudian melewati ruangan yang dulunya bekas sekretariat BEM. Disebelahnya adalah kantor pos. Wah kayake sudah beda deh dengan yang dulu. Sekarang jadi semakin lebar dan nyaman. Dulu aku jg sering banget ke kantor pos ini untuk ngirim surat lamaran. Mungkin dulu petugas kantor pos sampai bosan liat mukaku hehe. Ternyata kantin sekarang nggak seramai dulu. Penjual makanan nggak sebanyak dulu. Bank BNI plus atm sudah pindah di sebelah kanan kantin. Nggak tau skr gedung bekas bank bni difungsikan untuk apa.

Bekas parkiran motor

Setelah puas melihat-lihat sekitar, aku memutuskan untuk balik lagi ke masjid. Aku langsung naik ke bagian jamaah putri di lantai 2. Sebelumnya aku ambil wudhu dulu untuk menunaikan sholat dhuha. Di dalam masjid sepi, cuma ada 2 orang yang lagi sholat dan ada sekelompok mahasiswa yang lg mentoring di dekat tangga. Selesai sholat aku ambil posisi tiduran sambil membaca buku bacaan yang kubawa. Melihat sekelompok mahasiswa yg sedang mentoring, aku jd membayangkan bahwa aku sedang duduk bersama mereka mendengarkan mentor yang sedang menjelaskan sebuah materi, betapa rindunya aku dengan suasana itu bersama teman sekelompokku. Saking asyiknya melamun aku jadi ketiduran. Sampai dengar hp-ku bunyi, aku langsung terjaga. Ternyata mas iparku ngomong kl dia sudah selesai kuliah dan sebentar lagi menuju masjid untuk menjemputku. Sambil nunggu masku, aku iseng-iseng foto tempat parkir yang skr udah nggak ada. Akhirnya yg kutunggu datang dan jam 10 pagi aku meluncur ke gresik. Alhamdulillah akhirnya aku bisa kembali ke ITS lagi setelah 2 tahun kutinggal, walaupun cuma lewat doang.

Parkiran motor sekarang

11 Balasan ke Back To Campus Part II

  1. dedex mengatakan:

    pengalaman… tidur di masjid sampe lelap..begitu bangun begitu panik… haaa mana..dimana hapeku.. wuaahhh… lenyaplah sudah..
    tapi syukurlah hpnya ga ilang…
    kayaknya aku tidurnya kayak org mati kali ya…

    loh emangnya HPnya kemana ya?? kok g jd ilang?? hehe…

  2. peyek mengatakan:

    wah jadi orang ITS tho!

    iyah…alumni ITS🙂

  3. zahra zakiyyah mengatakan:

    *kangen kampus ON*

  4. suandana mengatakan:

    Kalau harga di warung-warung itu, masih sama nggak? Trus, renovasi masjid itu belum selesai juga toh? Dak kelamaan tuh?
    Jadi kangen kampus…

    hmm pas aku makan di salah satu warung, kayake harganya udah naik, tp msh cocok utk kantong mahasiswa deh. Emang renovasi masjidnya dr kpn yah?😀

  5. dimasu mengatakan:

    hoho… kayaknya sekarang banyak yang dibenahi ya di ITS

    iya…aku aja kaget liat wajah ITS skr…

  6. mybenjeng mengatakan:

    cuma lewat depannya thok. nggak tau yang berubah yang mana…🙂
    akhirnya ke gresik ya, monggo mampir…

    iya cak….kpn2 mampir😀

  7. GWnya mengatakan:

    gile..masih inget sedetil itu ntang….:))

  8. retnoarum mengatakan:

    hee…kangeeennn kampus juga…dah lama aku ga kekps…mba…seneng ya bisa liat kps lagi?? pastinya menyenangkan banget bisa nostalgila…eh salah nostalgia🙂 arum juga kangen banget ma temen2 kps…..jadi pngen tau kbr2 mereka semua….wah mba kalo ngantre makanan kita pastinya no 1 ya…tapi kalo ngantrinya yg satu itu…tu…dapet yg keberapa yah dari Allah…???

  9. indra mengatakan:

    Assalamu’alaikum.
    salam kenal.
    kok ceritanya enak dibaca ya? kenapa gak jd wartawan aja?

    wah ntar kl jd wartawan malah nggak laku tulisanku, soalnya cm bs nulis spt itu aja

  10. nita mengatakan:

    assalamu’alaikum.
    salam kenal
    temennya bu iin ya?
    orang ITS juga, vivat ITS🙂

    salam kenal balik, yup bu iin itu temenku
    vivat ITS😀

  11. ciha mengatakan:

    Warung Asri di gebang emang udah gak ada tang, udah digusur jadi jalan masuk perumahan baru yang ada di sebelah gebang.
    Kamu masih sering kontak ama aini????

    ooh gitu ya…wah aku udah lama gak kontak sm aini, ada sih no hp nya cm aku g tau apakah msh aktif ato g😀

Tinggalkan Balasan

